HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS X SURABAYA
Abstract
Prokrastinasi merupakan fenomena yang masih sering terjadi pada mahasiswa. Mahasiswa adalah individu yang diakui dewasa dan bertanggung jawab atas tindakannya, akan tetapi beberapa fenomena menggambarkan bahwa kecendrungan mahasiswa melakukan prokrastinasi masih sering terjadi. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan self-regulated learning dengan prokrastinasi pada mahasiswa di universitas x Surabaya. Subjek penelitian adalah 116 responden dengan kriteria sebagai mahasiswa aktif, baik laki-laki ataupun perempuan yang berdomisili Surabaya dengan menggunakan teknik snowball sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi parametrik Pearson Product Moment yang menunjukkan rxy = -0.83 (p > 0.050). Kesimpulan penelitian adalah tidak ada hubungan self-regulated learning dengan prokrastinasi pada mahasiswa di universitas x Surabaya. Hasil analisis tambahan yang dilakukan menunjukkan ada hubungan faktor lain dengan variabel bebas yaitu self-regulated learning pada mahasiswa di universitas x Surabaya yaitu usia.
