ANALISIS KUALITAS WEBSITE BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)
Abstract
Kebutuhan akan penggunaan data statistik pada era sekarang ini semakin
bertumbuh seiring dengan berkembangnya minat para penulis maupun mahasiswa
dalam mengerjakan tugasnya. Salah satu website yang menyediakan data statistik
yang dapat dipertanggungjawabkan adalah Badan Pusat Statistik (BPS). Proses
dalam pencarian data terkadang memerlukan waktu dan ketelitian yang lebih. Oleh
karena itu, tampilan dan tingkat kualitas dari sebuah website dianggap merupakan
faktor yang cukup penting. Website dengan tampilan yang menarik, mudah
digunakan dan juga mudah untuk dipahami oleh pengguna akan sangat membantu
proses pencarian data menjadi lebih efektif dan efisien. Pada penelitian ini, penulis
menggunakan metode WebQual 4.0 dan Importance – Performance Analysis (IPA)
dengan mengambil responden yang merupakan orang – orang yang sudah pernah
menggunakan website BPS sebagai sumber pengambilan data dalam penelitiannya.
Data dikumpulkan menggunakan survei dan wawancara secara online. Dalam
penelitian ini didapatkan bahwa untuk faktor Kualitas Kegunaan (Usability),
Kualitas Informasi (Information Quality) dan Kualitas Layanan (Service Quality)
pada website BPS, skor tingkat kepentingan lebih besar dari tingkat kinerja. Setelah
itu hasil penelitian ini dipetakan dalam kuadran Kartesius, dengan hasil seperti
berikut yaitu pada kuadran I (Concentrate these) terdapat 3 atribut yang perlu
dijadikan prioritas terutama dalam proses perbaikan dan peningkatan kualitas
website. Yaitu Pengguna merasa mudah dalam menggunakan website (US2),
navigasi yang mudah dipahami (US6) dan ketersediaan data statistik yang terbaru
bagi pengguna (IQ3).