dc.contributor.author | Kholiqien, Ahsanul | |
dc.date.accessioned | 2022-04-01T06:41:48Z | |
dc.date.available | 2022-04-01T06:41:48Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4810 | |
dc.description | Tourism is one important part of life development of human. Conducting
tourism activity is usually based by individual’s desire. This research was
conducted based on the fact that tourists who visit The National Park of Bromo
Tengger Semeru is diminishing from time to time. Creating intention to travel
needs destination image in order for nature lover students in Surabaya to be
interested to visit The National Park of Bromo Tengger Semeru as destination
place. Intent itself is based by several aspects that is attitude, subjective norm,
and perceived behavior control. Destination image consists of several components
consisting of destination, facility of destination, accessibility, image, and price.
Aim of this research is to know correlation between destination image of
the National Park of Bromo Tengger Semeru and intention to travel of nature
lover students in Surabaya. Population in this research is nature lover students in
Surabaya with the sample is college students who join in nature lover community
from 10 universities in Surabaya with total respondent is 185 students. Sampling
is using technique of quota sampling with Likert scale measurement. The obtained
data then be processed with correlation test.
Based on result of correlation test of Spearman non-parametric, it is
obtained that r = 0.328 and p = 0.000 (p < 0.05). The conclusion is it can be
concluded that there is correlation between destination image of the national park
of Bromo Tengger Semeru and intention to travel. | en_US |
dc.description.abstract | Kepariwisataan merupakan salah satu bagian penting dari perkembangan
kehidupan manusia. Melakukan kegiatan berwisata biasanya didasari oleh
keinginan dari individu itu sendiri. Penelitian ini dilakukan atas dasar bahwa
kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru semakin
menurun dari waktu ke waktu. Memunculkan intensi berwisata diperlukan
destination image agar para mahasiswa pecinta alam di kota Surabaya tertarik
mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai tempat destinasi.
Niat atau intensi sendiri didasari oleh berbagai aspek yaitu sikap, subjective norm,
dan perceived behavior control. Destination Image terdiri dari beberapa
komponen-komponen yaitu atraksi destinasi, fasilitas destinasi, aksesbilitas,
image, dan harga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti Hubungan Antara Destination
Image Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Intensi Berwisata Pada
Mahasiswa Pecinta Alam Di Kota Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa pecinta alam di kota Surabaya yang sampelnya adalah mahasiswamahasiswi
yang tergabung dalam komunitas pecinta alam dari 10 Universitas di
kota Surabaya dengan total responden 185 mahasiswa. Pengambilan sampelnya
menggunakan teknik sampling kuota dengan alat ukur skala Likert. Data yang
didapatkan kemudian diolah dengan uji korelasi.
Berdasarkan hasil uji korelasi non parametrik Spearman, diperoleh nilai r
= 0,328 dan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Kesimpulannya, ini menunjukkan bahwa
terdapat hubungan antara destination image Taman Nasional Bromo Tengger
Semeru dan intensi berwisata. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
dc.subject | Destination Image | en_US |
dc.subject | Intensi Berwisata | en_US |
dc.subject | Mahasiswa Pecinta Alam | en_US |
dc.subject | Intention to Travel | en_US |
dc.subject | Nature Lover Student | en_US |
dc.title | HUBUNGAN ANTARA DESTINATION IMAGE TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU DAN INTENSI BERWISATA PADA MAHASISWA PECINTA ALAM DI KOTA SURABAYA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nidn | 0725058804 | |
dc.identifier.kodeprodi | 73201 | |
dc.identifier.nim | 30112034 | |
dc.identifier.dosenpembimbing | THEDA RENANITA | |