RANCANG BANGUN APLIKASI BANTU PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG TINGKAT DASAR
Abstract
Jumlah pengguna Android mengalami peningkatan setiap tahunnya secara global (Pichair, 2013). Peningkatan pengguna tersebut juga terjadi di Indonesia (Gideon, 2013). Selain itu, smartphone Android masih terus mendominasi pasaran. Pada kuartal ketiga tahun 2013 ini, jumlah pengguna Android sebanyak 81.3% dengan jumlah 204.4 juta unit (Baihaki, 2013). Jumlah tersebut berhasil mengalahkan platform mobile lainnya, seperti iOS, Blackberry, atau Windows Phone. Para pengguna smartphone Android memanfaatkan banyak aplikasi yang tersedia, salah satunya adalah game atau pelajaran bahasa asing. Bahasa Jepang termasuk di dalamnya
Pada tahun 1868 saat terjadi Restorasi Meiji, Jepang memberlakukan politik pintu terbuka dan mengejar ketertinggalan dari negara Barat dan Negara Barat tertarik dengan budaya Jepang tradisional. Pada tahun 1942 sampai dengan tahun 1945, Jepang ambil bagian pada perang dunia kedua. Pada tahun 1945, Jepang menyerah karena Amerika dan sekutu menjatuhkan bom di Hirosima dan Nagasaki. Setelah itu, Jepang berusaha untuk bangkit kembali dan budaya Jepang, baik yang tradisional maupun yang modern menyebar ke seluruh dunia.
Dengan kondisi di atas, peneliti membuat game edukasi Bahasa Jepang pada Android sehingga masyarakat yang tertarik belajar Bahasa Jepang bisa mengggunakannya di mana saja dan kapan saja.
Teori yang akan digunakan adalah teori Taksonomi Bloom New Version sampai dengan level understanding (memahami). Kurikulum yang digunakan dalam pembuatan game ini adalah buku Minna no Nihongo I. Buku ini digunakan untuk tingkat dasar dalam belajar Bahasa Jepang. Metode penelitian yang akan digunakan adalah studi literatur, perancangan dan desain, pembuatan game edukasi Bahasa Jepang, pengujian fungsional, pembuatan kesimpulan, pembuatan laporan. Tujuan akhir dari tugas akhir ini adalah menghasilkan game edukasi Bahasa Jepang sebagai media penunjang pembelajaran bahasa Jepang.