• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Teknologi Informasi
    • Teknologi Informasi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Teknologi Informasi
    • Teknologi Informasi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RANCANG BANGUN GAME "AMAZING INDONESIA‟ UNTUK PENGENALAN KEBUDAYAAN INDONESIA BERBASIS ANDROID

    Thumbnail
    View/Open
    Abstrak (1.781Mb)
    Bab I (1.810Mb)
    Bab II (1.955Mb)
    Bab III (2.213Mb)
    Bab IV (2.759Mb)
    Bab V (1.727Mb)
    Halaman Judul (1.722Mb)
    Daftar Isi (1.835Mb)
    Daftar Isi (1.659Mb)
    Daftar Pustaka (1.728Mb)
    Daftar Tabel (1.839Mb)
    Kata Pengantar (1.797Mb)
    Pernyataan Keaslian Tugas Akhir (1.846Mb)
    Persetujuan Dosen Pembimbing (1.789Mb)
    Date
    2014
    Author
    Pratama, Ridho Aryo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berkembangnya teknologi infromasi berkaitan erat dengan perkembangan media massa pada saat ini. Ini ditandai dengan adanya pergeseran yang terjadi pada penyajian media menjadi multimedia interaktif. Pergeseran ini telah banyak dimanfaatkan dalam permainan teknologi yang aditif, baik untuk kalangan tua, muda dan anak-anak. Dengan adanya sifat aditif dari games, situasi ini dapat dimanfaatkan ke arah yang lebih positif. Salah satunya adalah menyajikan sebuah permainan yang memiliki nilai pengenalan kebudayaan di dalamnya. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam kebudayaan. Hal ini menyebabkan pengenalan kebudayaan merupakan suatu hal yang penting agarkebudayaan tersebut dapat dilestarikan. Namun, kemajuan teknologi dan informasi terkadang menjadi ancaman bagi kebudayaan nasional. Hal itu dikarenakan, masuknya kebudayaan dari luar melalui media elektronik maupun cetak menjadi semakin mudah dan mulai menggeser kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan asli Indonesia. Dengan adanya game ini diharapkan pengguna dapat lebih mengetahui serta mencintai dan mau ikut melestarikan kebudayaan asli Indonesia. Game ini nantinya akan dibangun di sistem operasi Android dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dan XML. Pengenalan kebudayaan dalam game ini akan dikemas dalam teka-teki yang harus dipecahkan oleh pengguna. Manfaat dari game ini adalah, untuk mengenalkan kebudayaan asli Indonesia dengan cara memberikan penjelasan yang berkaitan dengan kebudayaan tersebut di dalam game, serta dengan memainkan game ini diharapkan pengguna dapat lebih mengerti tentang keberagaman kebudayaan yang ada di Indonesia. Pengujian dilakukan pada anak usia 12 hingga 15 tahun menggunakan pre-test, post-test dan kuesioner. Dalam pengujian tersebut didapatkan hasil bahwa, game Amazing Indonesia dapat mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada penggunanya. Dan sebagian besar pengguna atau responden menyatakan lebih senang belajar menggunakan game Amazing Indonesia daripada menggunakan hand-out atau buku
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5559
    Collections
    • Teknologi Informasi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire