PERANCANGAN TAS WANITA DENGAN APLIKASI HAND - PAINTING PADA BRAND ANRE
Abstract
Seni adalah salah satu sarana manusia dalam menyampaikan emosi. Seni memiliki
bahasa sendiri yang dapat menunjukkan perasaan manusia dan menyampaikan sebuah ide
.
Namun m
enurut Direktur Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ahman Sya, minat dan apresiasi masyarakat
Indonesia terhadap seni
lukis
masih kurang.
Padahal seni lukis adalah salah satu cara yang
dapat mendoron
g pikiran kritis dan juga dapat menjadi sarana mengekspresikan diri. Di
sisi lain, masyarakat umumnya menggunakan fesyen sebagai saran
a
mengekspresikan diri.
Oleh karena itu
brand
Anre menggabungkan produk fesyen berupa tas dengan seni lukis
untuk menarik
minat masyarakat terhadap seni lukis. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah
metode penelitian kuantitatif
dan kualitatif
yang dilakukan dengan
wawancara terhadap orang
–
orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang
industri tas khus
usnya tas
handpainting
dan beberapa masyarakat yang memiliki selera
yang dapat mewakili target pasar dari
brand
.
Dalam pembuatan produk digunakan material
kulit sintetis yang umum digunakan pada tas wanita
dengan
warna yang digunakan adalah
warna hitam dan
coklat sebagai warna dasar tas dan warna yang terang seperti merah,
kuning, putih pada warna lukisan sehingga memberikan kesan yang kontras
.
Lukisan yang
diambil adalah lukisan bung
a yang identik dengan Indonesia
untuk memberikan kesan
produk lokal dan ju
ga sebagai sarana mempopulerkan sumber daya lokal Indonesia. Gaya
l
ukisa
n yang digunakan adalah lukisan kontemporer karena lebih
modern
serta sesuai tren
yang berkembang saat ini.
Lukisan yang diaplikasikan
sesuai dengan target market yang
menyukai kebebasan berekspresi.