PERANCANGAN FASHIONABLE WELL-COVERED SWIMWEAR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK COLOR BLOCKING PADA BRAND SWIMM
Abstract
Kesadaran masyarakat Indonesia untuk memiliki gaya hidup yang sehat
semakin tinggi. Tren busana olahraga saat ini semakin mengikuti perkembangan
fashion
. Kegemaran masyarakat terhadap aktivitas renang membuat pakaian
renang menjadi tren di kalangan anak muda di Indonesia. Namun, baju renang
merupakan busana olahraga yang cukup rumit terutama di Indonesia yang sangat
menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma kesopanan. Selain itu, beberapa wanita
juga merasa risih dan malu untuk memperlihatkan tubuhnya terutama saat
memakai baju renang. Hal ini karena adanya penilaian tubuh ideal yang
dipengaruhi oleh iklan-iklan yang beredar di era globalisasi ini. Iklan-iklan
tersebut kemudian memicu adanya perilaku
body shame
.
Body Shaming
adalah suatu tindakan mengomentari fisik, penampilan, atau
citra diri seseorang baik yang dilakukan oleh orang lain atau diri sendiri. Pada
tahun 2016, sebanyak 80% wanita tidak puas dan tidak nyaman dengan bentuk
tubuh mereka sendiri. Rasa
insecure
seperti merasa bagian paha terlalu besar,
lemak di area perut berlipat, dan lengan yang besar seringkali menjadi penghalang
saat memakai baju renang. Adanya permasalahan
body insecurities
saat memakai
baju renang, penulis ingin meranncang baju renang
fashionable
namun tertutup
(
well-covered
) di bagian-bagian tubuh tertentu. Tampilan baju renang yang
fashionable
selain dapat meningkatkan kepercayaan diri dan semangat bagi
pemakainya juga dapat menutupi bagian tubuh yang ingin ditutupi. Metode
penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dan kuantitatif.
Perancangan
fashionable well-covered swimwear
ini akan berfokus pada
permainan warna (
color blocking
) untuk menciptakan ilusi bentuk tubuh dan
pengaplikasian detail untuk menambah sisi
fashionable