• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HTIBUNGAN AIIITARA KEPEMILIKAN PSIKOLOGIS I}AN,4 DWRSITY SAOTIENT PADA GURU

    Thumbnail
    View/Open
    Halaman Judul (1.674Mb)
    Abstrak (1.823Mb)
    Kata Pengantar (1.910Mb)
    Daftar Isi (1.839Mb)
    Bab 1 (2.055Mb)
    Bab 2 (1.966Mb)
    Bab 3 (1.975Mb)
    Bab 4 (2.120Mb)
    Bab 5 (1.911Mb)
    Bab 6 (1.932Mb)
    Lampiran (1.966Mb)
    Date
    2011
    Author
    Sumiran, Elsha Gracea Ngesti Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru memiliki peranan dan tanggung jawab yang penting dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Sering dikatakan guru merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran.Namun menjadi guru bukanlah hal yang mudah. Selain harus memenuhi segala persyaratan yang ditentukan, pada prakteknya profesi guru memiliki banyak sekali tantangan. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memiliki ketahanan dan kemampuan untuk mengatasi setiap masalahnya. Adversity quotient (AQ) menjelaskan tentang bagaimana seseorang dapat tahan menghadapi masalah ataupun tekanan dan dapat mengatasinya. Di sisi lain, peneliti menemukan bahwa salah satu faktor yang mendorong guru agar dapat bekerja dengan baik adalah dengan memiliki kepemilikan psikologis terhadap sekolahnya. Kepemilikan psikologis membangun kemauan dan keyakinan terhadap diri yang merupakan faktor dari pembentuk AQ. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepemilikan psikologis dan adversity quotient pada guru. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei, menggunakan skala adversity quotient milik Stoltz (Firmansyah, Djatmika, & Hermawan, 2016), dan skala kepemilikan psikologis oleh yang dimodifikasi oleh Sutjianto (2016). Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling secara accidental dan didapatkan jumlah subjek sebanyak 114 guru. Hasil pengujian hubungan antara masing - masing dimensi kepemilikan psikologis menunjukkan adanya hubungan positif. Ada hubungan positif antara dimensi self - efficacy dan adversity quotient (r=0.297; p= 0.001). Ada hubungan positif antara dimensi accountability dan adversity quotient (r=0.210; p=0.013). Ada hubungan positif antara dimensi sense of belonging dan adversity quotient (r=0,259;p=0,003). Ada hubungan positif antara dimensi self - identity dan adversity quotient (r=0,240; p=0,005). Penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi kepada guru agar dapat menjalankan profesinya dengan maksimal dengan meningkatkan adversity quotient melalui peningkatan kepemilikan psikologis terhadap sekolah.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5970
    Collections
    • Psikologi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire