| dc.contributor.author | Marbun, Rodelina | |
| dc.date.accessioned | 2023-02-14T06:34:47Z | |
| dc.date.available | 2023-02-14T06:34:47Z | |
| dc.date.issued | 2018 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/6009 | |
| dc.description | Remaja awal merupakan usia transformasi yang digambarkan sebagai usia yang penuh dengan tekanan dan konflik. Sebagai usia yang penuh dengan tekanan dan konflik, rentan bagi remaja awal untuk merasakan masalah secara psikologis. Salah satu masalah psikologis yang paling sering terjadi adalah gangguan emosional. gangguan emosional yang cenderung dialami pada masa ini, dapat mempengaruhi kondisi psikologis remaja awal. Oleh karena itu, dalam menjalani masa perkembangan ini, penting sekali bagi remaja awal untuk memiliki kondisi psikologis yang baik. Kondisi tersebut dikenal sebagai psychological well-being, yaitu kondisi psikologis yang bebas dari masalah mental serta keberfungian individu secara fisik, emosional maupun psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku prososial dengan psychological well-being pada remaja awal. Penelitian ini dilakukan dengan desain korelasional. Populasi dan sampel merupakan siswa SMP “X” Surabaya. Teknik pengambilan sam pel menggunakan total population study. Sampel penelitian berjumlah sebanyak 153 orang. Pengambilan data menggunakan skala yang terdiri dari skala perilaku prososial dan skala psychological well-being. Skala perilaku prososial diadaptasi dari skala yang dikembangkan oleh Caprara et al. (2005), sedangkan skala psychological well - being dari skala yang dikembangkan oleh Ryff (dalam Lee,2014). Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara perilaku prososial dengan psychological well - being pada remaja awal (r = 0,299; p < 0,05). Semakin sering remaja awal melakukan perilaku prososial maka semakin baik psychological well - beingnya. | en_US |
| dc.description.abstract | Remaja awal merupakan usia transformasi yang digambarkan sebagai usia yang penuh dengan tekanan dan konflik. Sebagai usia yang penuh dengan tekanan dan konflik, rentan bagi remaja awal untuk merasakan masalah secara psikologis. Salah satu masalah psikologis yang paling sering terjadi adalah gangguan emosional. gangguan emosional yang cenderung dialami pada masa ini, dapat mempengaruhi kondisi psikologis remaja awal. Oleh karena itu, dalam menjalani masa perkembangan ini, penting sekali bagi remaja awal untuk memiliki kondisi psikologis yang baik. Kondisi tersebut dikenal sebagai psychological well-being, yaitu kondisi psikologis yang bebas dari masalah mental serta keberfungian individu secara fisik, emosional maupun psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku prososial dengan psychological well-being pada remaja awal. Penelitian ini dilakukan dengan desain korelasional. Populasi dan sampel merupakan siswa SMP “X” Surabaya. Teknik pengambilan sam pel menggunakan total population study. Sampel penelitian berjumlah sebanyak 153 orang. Pengambilan data menggunakan skala yang terdiri dari skala perilaku prososial dan skala psychological well-being. Skala perilaku prososial diadaptasi dari skala yang dikembangkan oleh Caprara et al. (2005), sedangkan skala psychological well - being dari skala yang dikembangkan oleh Ryff (dalam Lee,2014). Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara perilaku prososial dengan psychological well - being pada remaja awal (r = 0,299; p < 0,05). Semakin sering remaja awal melakukan perilaku prososial maka semakin baik psychological well - beingnya. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra | en_US |
| dc.subject | Perilaku Prososial | en_US |
| dc.subject | Psychological Well-Being | en_US |
| dc.subject | Remaja Awal | en_US |
| dc.title | HUBUNGAN ANTARA PERILAKU PROSOSIAL DAN PSYCHOLOGICAL WELL - BEING PADA REMAJA AWAL | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 5980872 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 73201 | |
| dc.identifier.nim | 30114037 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | JENNY LUKITO SETIAWAN | |