HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN KEPRIBADIAN EXTROVERSION DAN DUKUNGAN ORANGTUA , DENGAN RELATIONAL- EFFICACY PADA SISWA SMA DI BOARDING SCHOOL X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar kontribusi variabel kecenderungan kepribadian extroversion dan variabel dukungan orangtua terhadap variabel relational-efficacy pada siswa SMA di boarding school X. Adapun penelitian ini merupakan jenis kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini terdiri atas 3 variabel yang kemudian dibagi menjadi 2 variabel bebas yakni kecenderungan kepribadian extroversion dan Dukungan Orangtua serta 1 variabel tergantung yakni relational-efficacy. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala yang dikembangkan oleh Park dan Kim (2008) dan sedang diadaptasi oleh rekanan di Indonesia. Skala ini digunakan untuk mengukur dua variabel, yakni variabel dukungan orangtua dan variabel relational - efficacy. Variabel kecender ungan kepribadian extroversion menggunakan skala kepribadian dari Eysenck dan Barett (dalam Francis, Lewis, dan Ziebert, 2006). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total populasi (sampling jenuh). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA boarding school X. Subjek penelitian terdiri dari 109 siswa boarding school X dengan kriteria: berjenis kelamin laki - laki maupun perempuan, berusia 14 - 16 tahun, tinggal di boarding school dan kedua orangtua masih hidup. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi ganda serta korelasi parsial. Adapun hasil uji korelasi ganda yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecenderungan kepribadian extroversion dan dukungan orangtua secara bersama - sama terhadap relational-efficacy (R= 0,681; p <0,05). Hasil uji korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecenderungan kepribadian extroversion dan relational - efficacy dengan mengendalikan dukungan orangtua (r= 0,50; p <0,05). Hasil uji korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara dukungan orangtua dan relational - efficacy dengan mengendalikan kecenderungan kepribadian extroversion (r= 0,43; p <0,05)