Show simple item record

dc.contributor.authorLiem, Stephanie Gracelia
dc.date.accessioned2025-08-05T03:11:57Z
dc.date.available2025-08-05T03:11:57Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8489
dc.descriptionToday’s technology has been evolving very rapidly. New high tech equipments coming ups and down every day. People experience and consume them. Not only adults, but children are also affected. Parents allow their children to have more than one gadget, but few. Such as mobile phones, smart phones and tablets. A survey conducted by Yahoo and mind share in mid-2013 shows that there are 41 million Indonesian people are smart phone users. Technology really affects children development. The use of gadgets also affects their social development. They use their time to interact with their gadget rather than use it to interact with people around them. In fact, social interaction is important for the children so that they can grow optimally. Parents also play a big role in their social development. Parenting adopted by parents in the home also has a role in the children when they interact with other people. This study is aimed to determine whether the re’s a relationship between democratic parenting parents with children’s social interaction who have gadgets around them or not. This study was conducted using quantitative research design correlation test. The measuring instruments used in this study is the measurements called democratic parenting style and scale measuring social interactions that are both made by researchers. The population in this study are children in 5 th and 6 th grade who use gadgets. The data collection techniques used are snowball. While analysis of the data used in this study is the Pearson product moment correlation test. The results of this study showed no association between democratic parenting children with social interaction using gadgets (p-value: 0.274 ; r : 0.190 ). This study will also see the aspect of parenting relationship with social interaction.en_US
dc.description.abstractTeknologi yang berkembang jaman sekarang sudah sangatlah pesat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya peralatan teknologi seperti gadget baru yang terus saja bermunculan. Dampak dari perkembangan teknologi yang maju pesat sekarang ini dialami semua orang, tidak hanya orang dewasa saja tetapi anak – anak juga terkena dampaknya. Hal ini dapat dilihat dari anak jaman sekarang ti dak sedikit yang memiliki gadget pribadi seperti handphone atau tablet . Seperti survei yang pernah dilakukan oleh yahoo dan mindshare pada pertengahan tahun 2013 menunjukkan bahwa terdapat 41 juta orang di Indonesia yang merupakan pengguna smartphone . Da mpak dari berkembangnya teknologi pada anak – anak mempengaruhi perkembangan mereka. Penggunaan gadget yang dilakukan anak – anak mempengaruhi perkembangan mereka secara sosial. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk berinteraksi sosial dengan orang disekitarnya justru dihabiskan untuk menggunakan gadget . Interaksi sosial ini penting dilakukan anak – anak agar perkembangan sosial mereka dapat berkembang secara optimal. Orang tua turut memiliki peran dalam perkembangan sosial anak – anak mereka. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua di rumah juga memiliki peran pada anak ketika mereka berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan interaksi sosial anak yang menggunakan gadget . Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan desain uji korelasi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala ukur pola asuh demokratis dan skala ukur interaksi sosial yang keduanya dibuat oleh peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah anak – anak yang duduk di kelas 5 dan 6 SD. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah anak – anak kelas 5 dan 6 SD yang menggunakan gadget . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah snowball . Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi pearson product moment . Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara pola asuh demokratis dengan interaksi sosial anak yang menggunakan gadget ( p-value : 0,274 ; r : 0,190). Di dalam penelitian ini juga akan dilihat hubungan dari aspek pola asuh dengan interaksi sosialen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputraen_US
dc.subjectPola Asuhen_US
dc.subjectInteraksi Sosialen_US
dc.subjectGadgeten_US
dc.subjectParentingen_US
dc.subjectSocial Interactionen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK YANG MENGGUNAKAN GADGETen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi73201
dc.identifier.nim30111030
dc.identifier.dosenpembimbingIman Setyabudi


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record