| dc.contributor.author | Thiodora, Ivana |  | 
| dc.date.accessioned | 2025-08-11T05:33:45Z |  | 
| dc.date.available | 2025-08-11T05:33:45Z |  | 
| dc.date.issued | 2015 |  | 
| dc.identifier.uri | https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8545 |  | 
| dc.description | At this time, technology and communication have important role in information needs. These phenomenon affect many things, one of this them we called education. Education media have many varies which growth greatly, video game is one of education media form. Indonesia is one country where communication and technology is growing rapidly. Based on BKKBN, Indonesia get ranked 37th as a country with a high level of early age marriage. Seeing these facts it is necessary to have study about caring for the baby, which can be useful for young mothers or prospective mothers. By utilizing instructional media such a video game can give information to young mother and prospective mother s, how to care the baby right. This game using a Problem Solving approach and Observing Trends. This game was designed to conveyed through a game that can making it easier for users to remember, understand, and even apply them in real life. Based o n testing, it can be concluded that these applications can assist the user in fulfilling the need for information as mothers and prospective mothers. | en_US | 
| dc.description.abstract | Seiring dengan perkembangan jaman, perkembangan teknologi dan ilmu komunikasi sangat berperan penting di dalam memenuhi kebutuhan informasi. Perkembangan ini mempengaruhi banyak hal, salah satunya ialah edukasi. Media edukasi sangat bervariasi, antara lain dengan menggunakan teknologi multimedia, termasuk di antaranya dalam bentuk game . Indonesia merupakan salah satu negara dimana perkembangan ilmu komunikasi dan teknologi berkembang pesat. Berdasarkan data BKKBN, Indonesia mendapatkan peringkat ke - 37 sebagai n egara dengan tingkat penikahan dini tinggi. Melihat fakta tersebut maka diperlukan adanya media pembelajaran tentang merawat bayi, yang dapat berguna bagi ibu muda ataupun calon ibu. Dengan memanfaatkan media pembelajaran berupa game, para ibu dapat memperoleh pengetahuan tentang cara merawat bayi yang benar. Manfaat dari perancangan game ini dapat di lihat dari analisa dengan menggunakan pendekatan Solving a Problem dan Observing Trends. Game ini pun dirancang agar informasi dapat disampaikan melalui sebuah permainan sehingga mempermudah pengguna untuk mengingat, mengerti, bahkan menerapkannya di dalam kehidupan nyata. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat membantu user dalam memenuhi kebutuhan akan informasi sebagai ibu maupun calon ibu. | en_US | 
| dc.language.iso | id | en_US | 
| dc.publisher | Universitas Ciputra | en_US | 
| dc.subject | Perawatan Bayi | en_US | 
| dc.subject | Game | en_US | 
| dc.subject | Edukasi | en_US | 
| dc.subject | Informasi | en_US | 
| dc.title | RANCANG BANGUN GAME EDUKASI “MOMMY’S CARE” UNTUK MERAWAT BAYI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI ADOBE FLASH | en_US | 
| dc.type | Thesis | en_US | 
| dc.identifier.nim | 20411018 |  | 
| dc.identifier.dosenpembimbing | Stephanus Eko Wahyudi |  | 
| dc.identifier.dosenpembimbing | Nehemia Sugianto |  |