| dc.contributor.author | Anggana, Singgih Lukman |  | 
| dc.date.accessioned | 2025-08-12T05:39:02Z |  | 
| dc.date.available | 2025-08-12T05:39:02Z |  | 
| dc.date.issued | 2015 |  | 
| dc.identifier.uri | https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8564 |  | 
| dc.description | Today we see smartphone users in Indonesia is growing every year. Internet become basic needs even today. The needs of their smartphone users for access to the internet to search for information, open social media, video streaming via smartphones. In Indonesia people are tent not to go to library because they are lazy . Library as one of the providers of information whose existence is very important in the world of information, would have to rethink on how to pull back the interest in borrowing books at library . It encourages the writer to search and design a mobile application virtual library that can help people so that they doesn’t need to visit the library but can borrow books. This application will simplify the way users i n the process of borrowing books or on other matters such as: Seeing the library book collection, notification due book, book delivery, and other features . Based on 5 Android smartphone users and 3 Universitas Ciputra librarian staffs application test, application runs well and met their expextation as a library management system and it helps alot smartphone users on borrowing book at library. | en_US | 
| dc.description.abstract | Saat ini kita melihat bahwa pengguna smartphone di Indonesia bertambah setiap tahunnya. Internet menjadi kebutuhan pokok sehari - hari pagi pengguna smartphone di mana mereka lebih banyak me ngakses internet untuk mencari informasi, membuka social media, video streaming melalui smartphone . Masyarakat Indonesia masih terbilang malas untuk berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan. Perpustakaan sebagai salah satu penyedia informasi yang keber adaannya sangat penting di dunia informasi, mau tidak mau harus memikirkan kembali bagaimana untuk menarik kembali pembaca buku untuk meminjam buku. Hal tersebut mendorong penulis untuk meneliti dan merancang sebuah aplikasi mobile perpustakaan virtual yan g dapat membantu masyarakat sehingga tidak perlu datang berkunjung perpustakaan tetapi dapat meminjam buku. Aplikasi ini akan dibuat sedemikian mungkin untuk mempermudah pengguna smartphone dalam proses meminjam buku maupun dalam hal lainnya seperti halnya : Melihat koleksi buku perpustakan, notifikasi jatuh tempo buku pinjaman, pengiriman buku dan fitur – fitur lainnya. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan terhadap 5 pengguna smartphone Android dan 3 staff perpustakaan Universitas Ciputra, aplikasi in i berhasil berjalan dengan baik dalam mengelola sistem informasi perpustakaan dan memudahkan pengguna smartphone Android dalam meminjam buku di perpustakaan. | en_US | 
| dc.language.iso | id | en_US | 
| dc.publisher | Universitas Ciputra | en_US | 
| dc.subject | Smartphone | en_US | 
| dc.subject | Virtual | en_US | 
| dc.subject | Delivery System | en_US | 
| dc.title | RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL LIBRARY BERBASIS ANDROID | en_US | 
| dc.type | Thesis | en_US | 
| dc.identifier.kodeprodi | 55201 |  | 
| dc.identifier.nim | 20411017 |  | 
| dc.identifier.dosenpembimbing | Stephanus Eko Wahyudi |  |