Show simple item record

dc.contributor.authorSutanto, Yefta
dc.date.accessioned2025-08-12T08:47:14Z
dc.date.available2025-08-12T08:47:14Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8572
dc.descriptionIndonesia’s economy development and growth has improved vastly compared to a few years ago. In the year of 2014, there exists 56.5 million Small - Medium Enterprises in Indonesia, of which, 98.9% of them are still in the micro - business stage. With the increasing numbers of registered SMEs in Indonesia, a number of positive and negative effects also occurred. The lowering rate of unemployment and increasing number of young entrepreneurs are some of the positive effects, which of cource brought new hopes and pride to Indonesia. On the other hand, as with the exponential growth of SMEs, classical problems emerged such as trust and After Sales Service issues. There are numerous fraud and phony cases ran by fradulent companies that causes massive economic damage to their clients. To even worsen the situation, companies often lacks giving a helpful and delightful customer service experience towards common customers who feel dissatisfied with their purchased products or services. From such cases and problems existed in Indonesia’s economics field, we created a Trusted Business Listing and Complaint Management System with hope and vision that they would further increase Indonesia’s economy developmenten_US
dc.description.abstractPerkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia sudah sangat maju pesat jika dibandingkan dengan beberapa tahun silam. Pada tahun 2014, jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia tercatat mencapai angka 56,5 juta unit, dengah hampir 98,9% dari jumlah tersebut adalah usaha mikro. Dengan semakin meningkatnya jumlah UMKM yang tercatat di Indonesia, maka semakin banyak pula dampak positif maupun dampak negatif yang dirasakan oleh rakyat Indonesia. Dampak positif yang ada yaitu berkurangnya angka pengangguran secara drastis serta banyaknya usahawan - usahawan muda yang mulai ber - enterpreneur sejak usia dini. Hal tersebut tentu saja menjadi suatu kebang gaan dan cikal bakal usaha besar di Indonesia. Sedangkan dampak negatif dari perkembangan dan pertumbuhan UMKM yang pesat di Indonesia adalah masalah klasik yang timbul dalam dunia bisnis, yaitu Kepercayaan dan After Sales Service dari suatu perusahaan terkait. Banyak sekali kasus penipuan yang dilakukan oleh perusahaan - perusahaan palsu dan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang tidak sedikit bagi kliennya. Selain itu, bagi orang awam atau non - bisnis yang merasa kurang puas atas produk atau jasa yang mereka beli seringkali tidak mendapatkan perlakuan yang menyenangkan dalam hal komplain atau mengadukan kekurangan produk perusahaan terkait. Dari kasus dan kejadian yang ada dilapangan perekonomian Indonesia inilah kami tercetus sebuah ide untuk mengakomoda si Trusted Business Listing dan Complaint Management System yang akan sangat membantu dalam hal memajukan dan mengembangkan perekonomian serta persaingan ekonomi yang sehat di Indonesia.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputraen_US
dc.subjectEkonomien_US
dc.subjectWebsiteen_US
dc.subjectUsaha Mikro Kecil Menengahen_US
dc.subjectTrusted Business Listingen_US
dc.subjectComplaint Mangement Systemen_US
dc.titleRANCAN G BANGUN PERANGKAT LUNAK SISTEM AK REDITASI DAN REKOMENDASI BISNIS BERBASISKAN APLIKASI WEBSITEen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi55201
dc.identifier.nim20411045
dc.identifier.dosenpembimbingAdi Suryaputra Paramitha


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record