Show simple item record

dc.contributor.authorPangestu, Lois
dc.date.accessioned2019-01-04T01:59:40Z
dc.date.available2019-01-04T01:59:40Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1542
dc.description.abstractRANCANG BANGUN APLIKASI TUKAR MENUKAR BARANG BERBASIS MOBILE Tukar menukar barang atau sering disebut barter adalah transaksi / kegiatan saling menukar barang antara barang yang dimiliki dengan barang yang diinginkan. Tetapi dengan menggunakan sistem barter, masyarakat sering mengalami kesulitan untuk mencari dan melakukan transaksi barter. Karena itu masyarakat menciptakan uang sebagai media pembayaran yang dirasa lebih flexibel untuk ditukar dengan barang. Tetapi nyatanya, sampai saat ini masih banyak ditemui masyarakat yang berminat menggunakan sistem barter untuk bertransaksi. Masyarakat memanfaatkan sosial media agar lebih mudah untuk mempromosikan barang barter dan mencari barang barter yang diinginkan. Tetapi kegiatan transaksi yang ada di media sosial / komunitas dilakukan antara 2 pihak tanpa ada perantara/ pengawasan dari admin. Hal ini dapat memacu terjadinya penipuan apabila pengguna yang bertransaksi memiliki lokasi yang berjauhan sehingga bertemu secara langsung sulit untuk dilakukan. Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, diperlukan sebuah media yang dapat menampung dan membantu masyarakat untuk bisa melakukan kegiatan barter. Salah satu media yang dapat digunakan adalah mobile application pada perangkat smartphone. Dengan memanfaatkan mobile application yang memiliki banyak kelebihan dan manfaat, peneliti ingin membuat aplikasi yang dapat membantu masyarakat mencari barang yang ingin di barter dan membantu para pengguna untuk melakukan proses barter. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan arsitektur client-server dimana client merupakan perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan server menggunakan Firebase. Selain itu aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model reverse waterfall. Hasil akhir pada penelitian ini yaitu aplikasi tukar menukar barang ini dapat digunakan sebagai media yang dapat membantu masyarakat melakukan kegiatan barter melalui perangkat mobile. Hasil tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat digunakan untuk membantu pengguna melakukan kegiatan barter.en_US
dc.languageBahasa Indonesia
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectBarter, Aplikasi Mobile, Firebaseen_US
dc.titleRANCANG BANGUN APLIKASI TUKAR MENUKAR BARANG BERBASIS MOBILEen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn717027104
dc.identifier.kodeprodi55201
dc.identifier.nim20414009
dc.identifier.dosenpembimbingSTEPHANUS EKO WAHYUDI


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record