RANCANG BANGUN APLIKASI TUKAR MENUKAR BARANG BERBASIS MOBILE
Abstract
RANCANG BANGUN APLIKASI TUKAR MENUKAR BARANG BERBASIS MOBILE
Tukar menukar barang atau sering disebut barter adalah transaksi / kegiatan
saling menukar barang antara barang yang dimiliki dengan barang yang diinginkan.
Tetapi dengan menggunakan sistem barter, masyarakat sering mengalami kesulitan
untuk mencari dan melakukan transaksi barter. Karena itu masyarakat menciptakan
uang sebagai media pembayaran yang dirasa lebih flexibel untuk ditukar dengan
barang. Tetapi nyatanya, sampai saat ini masih banyak ditemui masyarakat yang
berminat menggunakan sistem barter untuk bertransaksi. Masyarakat
memanfaatkan sosial media agar lebih mudah untuk mempromosikan barang barter
dan mencari barang barter yang diinginkan. Tetapi kegiatan transaksi yang ada di
media sosial / komunitas dilakukan antara 2 pihak tanpa ada perantara/ pengawasan
dari admin. Hal ini dapat memacu terjadinya penipuan apabila pengguna yang
bertransaksi memiliki lokasi yang berjauhan sehingga bertemu secara langsung
sulit untuk dilakukan. Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini,
diperlukan sebuah media yang dapat menampung dan membantu masyarakat untuk
bisa melakukan kegiatan barter. Salah satu media yang dapat digunakan adalah
mobile application pada perangkat smartphone. Dengan memanfaatkan mobile
application yang memiliki banyak kelebihan dan manfaat, peneliti ingin membuat
aplikasi yang dapat membantu masyarakat mencari barang yang ingin di barter dan
membantu para pengguna untuk melakukan proses barter. Aplikasi ini dibuat
dengan menggunakan arsitektur client-server dimana client merupakan perangkat
smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan server menggunakan
Firebase. Selain itu aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Software
Development Life Cycle (SDLC) dengan model reverse waterfall. Hasil akhir pada
penelitian ini yaitu aplikasi tukar menukar barang ini dapat digunakan sebagai
media yang dapat membantu masyarakat melakukan kegiatan barter melalui
perangkat mobile. Hasil tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat
digunakan untuk membantu pengguna melakukan kegiatan barter.