RANCANG BANGUN APLIKASI UNTUK MENGGIATKAN KOMUNITAS PEMERHATI CAGAR BUDAYA DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI
Abstract
RANCANG BANGUN APLIKASI UNTUK MENGGIATKAN KOMUNITAS PEMERHATI CAGAR BUDAYA
DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI
Kota Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki sejarah
panjang sejak jaman kerajaan hingga jaman penjajahan oleh Hindia-Belanda.
Dalam perjalanan sejarah perjuangan dan pembangunannya, Kota Surabaya
menghasilkan banyak sekali saksi sejarah berupa bangunan cagar budaya yang
dapat dilihat dari bangunan bersejarah yang ada di beberapa wilayah di Kota
Surabaya. Peninggalan sejarah berupa bangunan cagar budaya bermanfaat sebagai
pembangkit motivasi, kreativitas dan membantu generasi muda untuk memahami
sejarah dan identitas Kota Surabaya (Dyson, 2003). Sehingga bangunan bersejarah
perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat agar bangunan tersebut dapat memberi
manfaat sebagai cagar budaya. Untuk mendukung hal tersebut, sebenarnya sudah
ada berbagai komunitas pemerhati cagar budaya di Surabaya, tetapi dari segi
kegiatan komunitas serta pengetahuan nyata tentang kondisi di lapangan mengenai
bangunan cagar budaya itu masih sangat kurang. Oleh karena itu, penulis akan
mencoba menjawab permasalahan yang sudah dijabarkan diatas dengan
mengembangkan sebuah aplikasi, dimana akan dipergunakan sebagai media
informasi bagi penggunanya mengenai berbagai bangunan cagar budaya di sekitar
pengguna, dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan memanfaatkan
pendekatan gamifikasi di dalam aplikasi ini, sehingga bisa membantu komunitas
pemerhati cagar budaya agar lebih berkembang
