PENGARUH TRUST TERHADAP INTENTION TO USE PAYPAL DENGAN PERCEIVED RISK, PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE
Abstract
PENGARUH TRUST TERHADAP INTENTION TO USE PAYPAL DENGAN PERCEIVED RISK, PERCEIVED USEFULNESS, DAN PERCEIVED EASE TO USE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Perkembangan teknologi semakin hari semakin mutakhir. Pertumbuhan teknologi
yang pesat membuat dunia perbankan mulai menyediakan layanan E-Payment.
Paypal adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang ini. Layanan
Paypal dapat membantu penggunanya membantu transaksi dalam dunia online.
Penelitian ini dikerjakan menggunakan teori Technology Acceptance Model
(TAM) yang diteliti oleh Davis (1989). Variabel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Trust (T), Perceived Risk (PR), Perceived Usefulness (PU) dan Perceived
Ease of Use (PEOU) dalam mempengaruhi pengguna untuk Intention to Use (ITU).
Data yang digunakan sebanyak 245 responden yang di dapatkan menggunakan
kuesioner yang disebarkan secara online. Melakukan uji normalitas, validitas,
reliabilitas dan korelasi menggunakan program SPSS dan Amos pada uji model fit.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang
mempengaruhi seseorang untuk mengadopsi Paypal sebagai pihak ke-3 dalam
melakukan transaksi. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa variabel Trust dan
Perceived Ease of Use terbukti berpengaruh secara langsung terhadap Intention to
Use Paypal