• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DAN KONSEP DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI UNIVERSITAS X SURABAYA

    Thumbnail
    View/Open
    Cover (150.8Kb)
    Abstrak (290.6Kb)
    pernyataan keaslian (374.9Kb)
    persetujuan dosen pembimbing (326.5Kb)
    persetujuan dosen penguji (325.9Kb)
    kata pengantar (146.7Kb)
    Daftar isi (855.4Kb)
    Daftar Pustaka (703.7Kb)
    Bab 1 (2.211Mb)
    Bab 2 (1.517Mb)
    Bab 3 (1.201Mb)
    Bab 4 (2.100Mb)
    Bab 5 (761.8Kb)
    Bab 6 (1.520Mb)
    lampiran (3.667Mb)
    kuisoner (1.333Mb)
    Date
    2018
    Author
    Basar, Ahmad Ridwan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konsep diri akademik yang baik merupakan salah satu faktor yang dapat meramalkan bagaimana capaian akademik mahasiswa dalam perkuliahan. Jika mahasiswa memiliki konsep diri yang rendah, maka dapat diperkirakan mahasiswa akan kesulitan dalam mencapai capaian akademik yang maksimal, karena mahasiswa tidak dapat membentuk efikasi diri dengan baik. Dalam upaya memperoleh capaian akademik yang baik diperlukan penyesuaian diri yang baik pada mahasiswa. Penyesuaian diri yang baik, dapat memicu mahasiswa dalam memahami pembelajaran dengan lebih baik, memperoleh dukungan sosial yang baik dari lingkungan, serta memunculkan perilaku berkomitmen. Penyesuaian diri mahasiswa kemudian juga akan memicu peningkatan kualitas konsep diri akademik melalui peningkatan kualitas belajar dan prestasi mahasiswa. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan konsep diri akademik pada mahasiswa penerima beasiswa di universitas X Surabaya. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif korelasional, menggunakan alat bantu berupa survei dengan dua skala. Skala pertama merupakan skala penyesuaian diri Baker & Sirk yang sudah melalui proses adaptasi (Ali, 2003). Skala kedua adalah skala konsep diri akademik yang diadaptasi berdasarkan pada skala yang disusun oleh Liu dan Wang (2005). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa di universitas X, melibatkan 100 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik sampling snowball sampling. Responden terbagi atas dua kelompok beasiswa, yaitu Prestasi, Akademik Dan Kerja Sama 34 mahasiswa, serta Sosial Dan Yayasan 66 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan positif antara penyesuaian diri dan konsep diri akademik dengan signifikansi (p) 0.000 dan koefisien korelasi (r) mencapai 0,724 sehingga hipotesis kerja diterima. Hasil uji korelasi antara dimensi penyesuaian diri akademik (r=0,680;p=0.000), penyesuaian diri sosial (r=0,434;p=0.000), penyesuaian diri emosional (r=0,548;p=0.000), dan komitmen mencapai tujuan (r=0,520;p=0.000), menunjukan adanya hubungan positif dengan konsep diri akademik pada penerima beasiswa di Universitas X
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1562
    Collections
    • Psikologi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire