HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DAN KONSEP DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI UNIVERSITAS X SURABAYA
Abstract
Konsep diri akademik yang baik merupakan salah satu faktor yang dapat
meramalkan bagaimana capaian akademik mahasiswa dalam perkuliahan. Jika
mahasiswa memiliki konsep diri yang rendah, maka dapat diperkirakan mahasiswa
akan kesulitan dalam mencapai capaian akademik yang maksimal, karena
mahasiswa tidak dapat membentuk efikasi diri dengan baik. Dalam upaya
memperoleh capaian akademik yang baik diperlukan penyesuaian diri yang baik
pada mahasiswa. Penyesuaian diri yang baik, dapat memicu mahasiswa dalam
memahami pembelajaran dengan lebih baik, memperoleh dukungan sosial yang
baik dari lingkungan, serta memunculkan perilaku berkomitmen. Penyesuaian diri
mahasiswa kemudian juga akan memicu peningkatan kualitas konsep diri akademik
melalui peningkatan kualitas belajar dan prestasi mahasiswa. Maka dari itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan
konsep diri akademik pada mahasiswa penerima beasiswa di universitas X
Surabaya. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan merupakan
kuantitatif korelasional, menggunakan alat bantu berupa survei dengan dua skala.
Skala pertama merupakan skala penyesuaian diri Baker & Sirk yang sudah melalui
proses adaptasi (Ali, 2003). Skala kedua adalah skala konsep diri akademik yang
diadaptasi berdasarkan pada skala yang disusun oleh Liu dan Wang (2005).
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa di universitas X,
melibatkan 100 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik sampling snowball
sampling. Responden terbagi atas dua kelompok beasiswa, yaitu Prestasi,
Akademik Dan Kerja Sama 34 mahasiswa, serta Sosial Dan Yayasan 66 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan positif antara penyesuaian diri dan
konsep diri akademik dengan signifikansi (p) 0.000 dan koefisien korelasi (r)
mencapai 0,724 sehingga hipotesis kerja diterima. Hasil uji korelasi antara dimensi
penyesuaian diri akademik (r=0,680;p=0.000), penyesuaian diri sosial
(r=0,434;p=0.000), penyesuaian diri emosional (r=0,548;p=0.000), dan komitmen
mencapai tujuan (r=0,520;p=0.000), menunjukan adanya hubungan positif dengan
konsep diri akademik pada penerima beasiswa di Universitas X