dc.contributor.author | Purba, Lis Sugiarta | |
dc.date.accessioned | 2019-01-07T08:14:29Z | |
dc.date.available | 2019-01-07T08:14:29Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1574 | |
dc.description.abstract | Permasalahan regulasi diri sering kali dialami oleh semua orang, khususnya dialami
oleh para mahasiswa angkatan pertama. Proses belajar yang diperoleh di bangku
Sekolah Menengah Atas sangatlah berbeda ketika kuliah. Sehingga banyak mahasiswa
yang kesulitan dalam meregulasi diri mereka. Mahasiswa, khususnya mahasiswa
perantau tentunya memiliki harapan untuk berprestasi karena mereka telah
meninggalkan kampung halamannya untuk menuntut ilmu di kampung orang lain.
Untuk mencapai prestasi belajar salah satu cara yang dilakukan oleh mahasiswa adalah
meregulasi diri baik dalam proses belajar maupun dalam lingkungan sosial. Dampak
dari regulasi diri yang rendah akan berpengaruh terhadap prestasi belajar mereka.
Dampak lain dari prestasi belajar yang rendah adalah mahasiswa menjadi mudah
depresi dan frustasi hingga berakhir pada dropout. Penelitian ini ingin menguji
keterkaitan regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau angkatan
2017 di Universitas X Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode korelasional yaitu
untuk melihat keterkaitan positif regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa
perantau. Lokasi penelitian di Universitas X Surabaya, total responden 140 mahasiswa.
Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa perantau dari luar pulau Jawa,
angkatan 2017. Subjek dalam penelitian ini berusia antara 17-25 tahun. Teknik
pengambilan responden adalah nonprobability sampling dengan Snowball Sampling.
Proses pengumpulan data dengan cara membagikan skala SRQ (Self-Regulation
Questionaire), yang diadaptasi dari Miller dan Brown (1991). Sedangkan skala prestasi
belajar diperoleh dari indeks prestasi mahasiswa selama proses belajar. Untuk validitas
dan reliabilitas skala regulasi diri dalam penelitian ini adalah 0.911 dengan rentang
koefisien validitas 0.247-0.56. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif
antara regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau angkatan 2017 di
Universitas X Surabaya (r=0.260;p=0.001). Penelitian ini dapat memberikan masukan
terhadap perkembangan ilmu psikologi terutama ilmu psikologi pendidikan untuk
mencegah terjadinya penurunan prestasi belajar pada mahasiswa khususunya
mahasiswa perantau | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Ciputra | en_US |
dc.subject | regulasi diri, prestasi belajar, mahasiswa perantau | en_US |
dc.title | HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PERANTAU ANGKATAN 2017 DI UNIVERSITAS X SURABAYA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |