HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL DAN KEPUASAN KERJA PADA GURU SD KECAMATAN SAMBIKEREP SURABAYA BARAT
Abstract
Pendidikan merupakan sarana yang sangat penting untuk kemajuan bangsa.
Suksesnya sebuah pendidikan ditentukan oleh guru yang profesional. Guru yang
profesional tentunya akan berhubungan dengan rasa puas yang dirasakan terhadap
pekerjaannya dan rasa puas yang diperoleh maka kinerjanya akan semakin baik.
Kepuasan seorang guru tidak dilihat dari segi gaji, tetapi kepuasan dapat
mencakup hubungan antar rekan kerja, atasan dan dukungan sosial yang
didapatkan dari orang-orang terdekat seperti keluarga serta orang-orang yang ada
dilingkungan individu tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan
mengetahui hubungan dukungan sosial terhadap kepuasan kerja pada guru SD
Kecamatan Sambikerep Surabaya Barat. Penelitian ini dirancang dengan desain
korelasional. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala Kepuasan
Kerja dan skala Persepsi Dukungan Sosial. Skala kepuasan kerja menggunakan
skala job satisfaction survey (JJS) diadaptasi dan dikembangkan oleh dari skala
spector (1985). Sedangkan skala dukungan sosial dari skala yang dikembangkan
oleh Zimet et al. (1988). Hasil uji korelasi pearson product moment menunjukkan
adanya hubungan positif antara dukungan sosial dan kepuasan kerja pada guru
yang mengajar di sekolah SD Made Kecamatan Sambikerep Surabaya Barat
(r=0,372;<0,000<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
semakin tinggi dukungan sosial yang didapat dari keluarga, rekan kerja dan
atasan, maka semakin tinggi pula kepuasan kerja individu terhadap pekerjaannya