ERANCANGAN OUTERWEAR COUPLE READY TOWEAR UNTUK AYAH DAN ANAK LAKI-LAKI DENGAN TEKNIK HAND EMBROIDERY PADA BRAND VEER
Abstract
Perancangan ini dilakukan dalam pembentukan koleksi pakaian pada brand VEER.
Dimana saat ini keinginan ayah untuk lebih dekat dengan anak laki-lakinya semakin
meningkat. Keserasian saat mengenakan pakaian yang sama dapat meningkatkan
kekompakkan mereka selama beraktifitas. Namun sayangnya, masih jarang brand
yang menjual pakaian couple seperti itu dan berdampak sulitnya ayah atau ibunya
untuk membeli pakaian couple. Yang pada akhirnya, perancang ingin memberikan
solusi dari permasalahan tersebut dengan memberikan perancangan pakaian couple
untuk ayah dan anak laki-laki yang mengaplikasikan motif binatang yang menarik
dan modern. Pengaplikasian motif tersebut menggunakan teknik hand emboidery
dengan benang sulam, serta menggunakan jenis jahitan back stitch, french knot, dan
satin stitch. Setelah melalui proses penelitian dengan metode kuantitatif, dimana
perancang melakukan survey kepada 100 responden, metode kualitatif berupa
wawancara dengan expert panel dan extreme user, serta melakukan observasi.
Maka akan dilakukan perancangan busana couple ready to wear untuk brand VEER
musim Fall/Winter 2018 yang berisi perancangan 4 pasang desain pakaian
experimental beserta dengan lookbook dan development folder. Pada kesempatan
ini, VEER mengangkat tema yang berjudul “Prosgeiomenos de Corgi” yang
menghasilkan desain casual dan boyish dengan target market pria usia 28-40 tahun
dan anak laki-laki berusia 4-8 tahun dengan status sosial menengah dan atas.