Show simple item record

dc.contributor.authorWijaya, Tommy Surya
dc.date.accessioned2019-02-22T03:24:58Z
dc.date.available2019-02-22T03:24:58Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1923
dc.description.abstractPerkembangan teknologi yang pesat sekarang ini berpengaruh terhadap proses pembelajaran di Taman Kanak - Kanak dan berpengaruh juga pada materi pembelajaran serta cara penyampaian materi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pada masa kanak – kanak, pembentukan kecerdasan terhadap anak sangatlah penting agar seorang anak tumbuh menjadi anak yang cerdas dalam bidang yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Namun seringkali orang tua kesulitan atau bahkan tidak tahu tentang bakat dan minat yang dimiliki oleh anak. Maka dari itu tugas akhir ini bertujuan untuk membantu memberikan solusi kepada orang tua untuk mengetahui bakat dan minat anak. Solusi tersebut akan dibuat dalam bentuk game eksplorasi bakat dan minat untuk anak usia TK. Game dibuat dengan mengimplementasikan lima dari tujuh kategori kecerdasan anak berdasarkan teori Multiple Intelligence yang diperkenalkan oleh Howard Gardner (2003) yaitu kecerdasan logical, naturalist, spatial, linguistic, dan musical. Game dibuat dengan menggunakan kerangka kerja Unity dan bahasa pemrograman C# dan menggunakan aset suara dan gambar opensource. Untuk menghasilkan gameplay yang cocok untuk anak usia TK, dilakukan pengumpulan data dengan metode wawancara kepada guru TK dan mengobservasi aktivitas bermain anak TK. Game diujikan dengan cara membandingkan bakat dan minat anak menurut guru dengan bakat dan minat anak menurut game. Data bakat dan minat anak menurut guru didapatkan dengan mewawancara guru wali kelas, sedangkan untuk data bakat dan minat anak menurut game didapatkan dengan cara mengujikan game kepada anak dan mencatat hasilnya. Berdasarkan pengujian tersebut didapatkan persentase akurasi game dalam mengeksplorasi bakat anak adalah sebesar 76,5%. Sedangkan akurasi game dalam mengeksplorasi minat anak adalah sebesar 47,1%. Rendahnya akurasi game dalam mengukur minat anak mungkin disebabkan oleh gameplay dari subgame tertentu yang lebih seru dan lebih menarik perhatian anak.en_US
dc.language.isoBahasa Indonesiaen_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectmedia pembelajaran, game eksplorasi, bakat dan minat anak, Multiple Intelligenceen_US
dc.titleRANCANG BANGUN APLIKASI GAME EKSPLORASI MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK ANAK – ANAKen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn723018001
dc.identifier.kodeprodi55201
dc.identifier.nim20412026
dc.identifier.dosenpembimbingCaecilia Citra Lestari


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record