IMPLEMENTASI ALGORITMA DECISION TREE CLASSIFIER UNTUK KLASIFIKASI PELANGGAN PROVIDER X PADA E-COMMERCE SEPULSA
Abstract
Customer adalah hal yang paling penting dalam sebuah bisnis, hubungan
yang baik antara sebuah perusahaan dengan customer-nya dapat membantu
mengakselerasi perkembangan sebuah bisnis. Perususahaan berusaha untuk
membina hubungan baik agar customer melakukan repeat purchase pada
perusahaan tersebut. Semakin banyak customer melakukan repeat purchase maka
biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan customer akan lebih kecil.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem klasifikasi pelanggan
E-Commerce Sepulsa ke dalam dua kelas yaitu melakukan repeat purchase dan
tidak melakukan repeat purchase, E-Commerce Sepulsa merupakan start-up yang
menjual produk digital seperti pulsa dan paket data dan menawarkan jasa
pembayaran Purchase Payment Online Bank (PPOB). Variabel yang digunakan
untuk membangun model klasifikasi untuk Penelitian ini Average Order Value
(AOV), Cross-Platform, Cross Product Type, Sistem Performance dan Promotion
sebagai variabel independen dan bertujuan menghasilkan prediksi nilai variabel
repeat purchase sebagai variabel independen. Data yang digunakan untuk
menghasilkan model klasifikasi ini adalah data transaksi dan promosi sepulsa.com,
algoritma yang digunakan adalah Decision Tree Classifier dengan melalui proses
parameter tuning dikarenakan berdasarkan hasil uji pada data milik Sepulsa,
algoritma Decision Tree Classifier dengan Parameter Tuning menghasilkan
akurasi skor tertinggi dibandingkan algoritma klasifikasi lain seperti Random
Forest Classifier, Extra Trees Classifier, Gradient Boosting Classifier, Ada Boost
Classifier, Logistic Regression, Stochastic Gradient Descent Classifier. Hasil dari
penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pendukung atau pedoman untuk
pembuatan kebijakan perusahaan, khususnya dalam hal mendapatkan customer
baru dan mempertahankan customer lama serta mengetahui prioritas
pengembangan sistem kedepan berdasarkan korelasi variable terhadap repeat
purchase.