Show simple item record

dc.contributor.authorAdhinata, Krian Bayu
dc.date.accessioned2020-02-03T01:47:55Z
dc.date.available2020-02-03T01:47:55Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/2315
dc.description.abstractCustomer adalah hal yang paling penting dalam sebuah bisnis, hubungan yang baik antara sebuah perusahaan dengan customer-nya dapat membantu mengakselerasi perkembangan sebuah bisnis. Perususahaan berusaha untuk membina hubungan baik agar customer melakukan repeat purchase pada perusahaan tersebut. Semakin banyak customer melakukan repeat purchase maka biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan customer akan lebih kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem klasifikasi pelanggan E-Commerce Sepulsa ke dalam dua kelas yaitu melakukan repeat purchase dan tidak melakukan repeat purchase, E-Commerce Sepulsa merupakan start-up yang menjual produk digital seperti pulsa dan paket data dan menawarkan jasa pembayaran Purchase Payment Online Bank (PPOB). Variabel yang digunakan untuk membangun model klasifikasi untuk Penelitian ini Average Order Value (AOV), Cross-Platform, Cross Product Type, Sistem Performance dan Promotion sebagai variabel independen dan bertujuan menghasilkan prediksi nilai variabel repeat purchase sebagai variabel independen. Data yang digunakan untuk menghasilkan model klasifikasi ini adalah data transaksi dan promosi sepulsa.com, algoritma yang digunakan adalah Decision Tree Classifier dengan melalui proses parameter tuning dikarenakan berdasarkan hasil uji pada data milik Sepulsa, algoritma Decision Tree Classifier dengan Parameter Tuning menghasilkan akurasi skor tertinggi dibandingkan algoritma klasifikasi lain seperti Random Forest Classifier, Extra Trees Classifier, Gradient Boosting Classifier, Ada Boost Classifier, Logistic Regression, Stochastic Gradient Descent Classifier. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pendukung atau pedoman untuk pembuatan kebijakan perusahaan, khususnya dalam hal mendapatkan customer baru dan mempertahankan customer lama serta mengetahui prioritas pengembangan sistem kedepan berdasarkan korelasi variable terhadap repeat purchase.en_US
dc.language.isoBahasa Indonesiaen_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectData Mining, Machine Learning, Klasifikasi, Decision Tree Classifier, Customer Retention, Repeat Purchase.en_US
dc.titleIMPLEMENTASI ALGORITMA DECISION TREE CLASSIFIER UNTUK KLASIFIKASI PELANGGAN PROVIDER X PADA E-COMMERCE SEPULSAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn714128801
dc.identifier.kodeprodi55201
dc.identifier.nim20515007
dc.identifier.dosenpembimbingKartika Gianina Tileng


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record