HUBUNGAN ANTARA STRESS DAN SELF-ESTEEM TERHADAP HARASSMENT PADA PEMAIN GAME ONLINE DEWASA AWAL DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini menelaah hubungan antara self-esteem dan stress terhadap harassment pada game online, dengan orang dewasa sebagai subjek. Subjek pada penelitian ini adalah 136 orang dewasa yang bermain game online. Penelitian ini menggunakan teknin non-probability sampling dan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Penelitian ini menggunakan skala self-esteem dari Rosenberg (1965), stress dari Kessler (2001) dan harassment dari De Letter (2017). Reliabilitas skala self-esteem yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0.856. Reliabilitas skala stress yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0.917. Reliabilitas skala harassment yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0.806. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara stress dan harassment (p = 0.197). Namun, tidak ada korelasi yang signifikan antara harga diri dan harassment (p = -0.062).