PERANCANGAN PAKAIAN WANITA CHEONGSAM READY TO WEAR MENGGUNAKAN KAIN BATIK INDONESIA PADA BRAND ELISABETH HWANG
Abstract
Pakaian batik Indonesia sudah banyak dijual dikalangan masyarakat. Namun
ternyata sebagian masyarakat lebih tertarik dengan budaya Cina terutama
masyarakat yang merupakan peranakan Cina yang berdomisili di Indonesia.
Kebanyakan brand menjual pakaian cheongsam wanita menggunakan batik
Indonesia namun masih kurang nyaman dipakai dan kurang bervariasi. Tugas
akhir ini adalah merancang produk pakaian wanita cheongsam ready-to-wear
menggunakan bahan batik Indonesia namun tetap memiliki nilai estetika untuk
brand Elisabeth Hwang sehingga dapat menjawab kebutuhan wanita-wanita di
Indonesia yang hendak mengenakan pakaian cheongsam namun tidak melupakan
budaya Indonesia di berbagai kesempatan. Perancangan yang dihasilkan dapat
digunakan oleh wanita berusia 20 – 35 tahun dari kalangan menengah ke atas.
Produk dapat digunakan pada acara formal baik di malam hari maupun siang hari.