USABILITY TESTING PADA E-COMMERCE BERBASIS MOBILE APPLICATION DENGAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan internet menjadi aspek penting dalam kehidupan manusia modern. Aplikasi mobile e-commmerce semakin memudahkan kebutuhan gaya hidup secara online. Cara kerja sistem e-commerce akan mengenalkan suatu produk dengan menyaj ikan informasi yang detail agar pengguna dapat yakin terhadap sesuatu produk yang ingin dibeli. Tingkat Usability dapat mempengaruhi kemudahan penggunaan suatu mobile application e-commerce. Se lain itu, adanya tampilan visual antarmuka ( design interface) yang menarik juga dapat meningkatkan Usability. Aplikasi Shopee memimpin sebagai situs toko online terbesar di Indonesia pada riset iPrice tahun 2020. Untuk terciptannya sebuah aplikasi yang baik dan informatif, maka perlu dilakukan pengukuran Usability agar mengetahui kualitas dari mobile application e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan memberikan rekomendasi perbaikan pada e-commerce berbasis mobile application Shopee berdasarkan hasil evaluasi Usability yang merujuk pada ISO 9241-11 yang ditinjau dari pengguna Shopee pada tiga atribut Usability yaitu effectiveness, efficiency dan satisfaction. Metode pengukur Usability testing pada aplikasi e-commerce Shopee pada penelitian ini menggunakan Cognitive Walkthrough untuk mendapatkan data awal pada atribut effectiveness dan efficiency serta atribut satisfaction diukur menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan memberikan kuesioner. Hasil rekomendasi akan diperoleh saat pengujian berlangsung dan melalui wawancara untuk memperoleh design interface yang efektif sehingga dapat mengoptimalkan perbaikan pada e-commerce berbasis mobile application Shopee. Setelah melakukan Usability testing pada e-commerce berbasis mobile application Shopee dengan metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale (SUS) didapatkan hasil penelitian aspek effectiveness 93%; aspek efficiency dengan tingkat kecepatan 0,08 tiap detiknya dan satisfaction 72%. Hal ini menujukkan bahwa aplikasi Shopee cukup memenuhi kriteria Usability sebuah aplikasi mobile karena dinilai cukup mencakupi tiga variabel Usability model ISO 9241-11 yaitu effectiveness, efficiency dan satisfaction. Untuk meningkatkan tingkat Usability aplikasi e-commerce berbasis mobile application dalam penelitian ini dirancang rekomendasi pada aplikasi e-commerce Shopee yaitu mengubah tata letak (layout) halaman dan menu serta menyederhanakan tampilan.