• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Bisnis Desain Fashion
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Bisnis Desain Fashion
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN CULTURAL MOTIVE PADA WOMEN'S LEATHER RESORT FOOTWEAR DENGAN TEKNIK TATAH UNTUK MEMPERKENALKAN BUDAYA BANGSA INDONESIA

    Thumbnail
    View/Open
    Abstrak (369.1Kb)
    BAB I (1.506Mb)
    BAB II (5.719Mb)
    BAB III (331.2Kb)
    Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran (346.4Kb)
    Daftar Pustaka (337.7Kb)
    Halaman Judul (330.1Kb)
    Halaman Pernyataan Keaslian (485.0Kb)
    Jurnal (6.700Mb)
    Kata Pengantar (384.6Kb)
    Lampiran (1.112Mb)
    UC FR LIB 06 Rev 00 Surat Pernyataan Hak Simpan & Publikasi Tugas Akhir_B-Plan REVISI (173.1Kb)
    UC FR LIB 07 Rev 00 Tanda Bebas Pustaka (292.7Kb)
    Date
    2021
    Author
    Wijaya, Debonair Debbie Duta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada era globalisasi ini berbagai budaya-budaya dapat dengan mudah diakses, hal ini menjadikan sebagian besar kaum milenial di Indonesia memilih menggemari budaya negara lain yang dianggap jauh lebih modern. Budaya Indonesia sendiri sangatlah beraneka ragam, unik, dan patut dibanggakan, budaya-budaya tersebut terdiri dari kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Batik yang merupakan salah satu penanda eksistensi dari bangsa Indonesia, telah diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh dunia melalui UNESCO pada tahun 2009 yang lalu. Dengan pencapaian sehebat ini, masyarakat kita dari berbagai lapisan generasi masih belum juga membanggakan budaya Indonesia. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai budaya Indonesia dengan cara yang modern melalui dunia fesyen, karena dirasa fesyen sudah menjadi keseharian dari hidup. Perancangan alas kaki resor dengan menggunakan kulit nabati yang diaplikasikan teknik tatah kulit dengan motif batik juga menjadi pilihan yang unik dan baru untuk menyampaikan pesan budaya melalui fesyen. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode design thinking untuk perancangannya, sedangkan untuk pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif, yaitu wawancara, dan observasi terhadap ahli, pengguna, dan kompetitor lalu melakukan survei online terhadap 100 orang wanita milenials, serta dengan metode studi literatur yaitu dengan menggunakan buku, jurnal, dan artikel. Setelah pengumpulan data selesai, pembuatan rancangan desain awal, pembuatan prototipe, serta validasi produk dimulai. Berdasarkan saran yang didapat dari pengumpulan data konsep yang diusung kali ini dinilai sudah sangat baik dan mampu menarik minat masyarakat karena desainnya yang cukup modern serta nilai – nilai edukasi yang dapat diharapkan dapat menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya Indonesia yang sangat luar biasa.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4054
    Collections
    • Bisnis Desain Fashion

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire