• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Bisnis Desain Fashion
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Bisnis Desain Fashion
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANCANGAN CAPSULE LOUNGEWEAR WANITA UNTUK BEKERJA DARI RUMAH

    Thumbnail
    View/Open
    Judul (352.3Kb)
    Pernyataan Keaslian (525.3Kb)
    Kata Pengantar (601.8Kb)
    Abstrak (756.1Kb)
    Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran (994.6Kb)
    BAB I (1.221Mb)
    BAB II (4.014Mb)
    BAB III (245.9Kb)
    Daftar Pustaka (248.4Kb)
    Lampiran (3.153Mb)
    Jurnal (1001.Kb)
    Surat Pernyataan Hak Simpan & Publikasi - REVISI (664.9Kb)
    Tanda Bebas Pustaka REVISI (746.3Kb)
    Date
    2021
    Author
    Hermanto, Helen Imanuel
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di masa new normal pasca pandemi COVID-19 ini, pemerintah Indonesia memberlakukan pembatasan sosial terhadap seluruh aktivitas di tempat umum. Hal ini menyebabkan sebagian besar aktivitas harus dilakukan di rumah, termasuk aktivitas bekerja. Sesuai dengan hasil survey dari LIPI, pekerja work from home terbanyak adalah perempuan berusia 25-29 tahun. Adanya situasi ini memberikan peluang bagi brand Hui untuk mengeksplorasi perancangan loungewear wanita menggunakan konsep capsule wardrobe, yaitu memiliki sedikit pakaian yang dapat digunakan sehari-hari dengan opsi mix and match yang beragam. Tujuan dari perancangan ini adalah merancang capsule lounngewear untuk aktivitas bekerja di rumah. Penelitian dalam perancangan ini bersifat kualitatif berupa wawancara terhadap enam experts dan enam extreme users, serta kuantitatif berupa survei terhadap 100 responden dengan ciri-ciri yaitu wanita karir berusia 23-30 tahun, tinggal di kota-kota besar di Indonesia, sedang menjalankan work from home maupun onsite, dan menyukai mix and match dalam fesyen. Penelitian juga diperoleh dari data sekunder yaitu buku, jurnal, dan internet sebagai penunjang literatur perancangan ini. Dalam pengembangan perancangannya, konsep capsule wardrobe menggunakan teknik detachable atau lepas-pasang dan menggunakan warna-warna yang sedang trending namun netral untuk saling dipadu-padankan. Tren acuan untuk perancangan ini adalah tren musim Fall/Winter 2021/2022 dari WGSN. Desain perancangan disesuaikan dengan bentuk pakaian rumah yang relaxed namun tetap terstruktur layaknya pakaian bekerja. Detail lain yang digunakan dalam penacangan ini berupa pleats, kancing yang monoton, dan jahitan kontras, sedangkan bahan yang digunakan yaitu katun twill, crepe, dan linen. Solusi dari perancangan ini berupa sebuah koleksi berjudul “Opus Domi” yang terdiri dari lima looks capsule loungewear menggunakan tiga warna netral yaitu broken white, navy blue, hitam, dan dua warna komplementer yaitu terracotta dan olive. Koleksi ini terdiri dari dua blazer, tiga celana, satu rok, satu blazer top, dan satu detachable dress yang dapat dipakai secara terpisah sehingga dapat menambah opsi mix and match. Tiap pakaian dalam setiap look di koleksi ini cocok untuk saling dipadu padankan satu dengan yang lain. Konsep capsule loungewear ini merupakan solusi yang sesuai untuk kondisi work from home saat ini.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4080
    Collections
    • Bisnis Desain Fashion

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire