PERANCANGAN TOKO DMP MUSIK DENGAN PENDALAMAN SENSE OF PLACE OLEH KONSULTAN ARSITEKTUR INTERIOR LV STUDIO
Abstract
Permasalahan ekonomi dan gaya hidup masyarakat mempengaruhi desain area
komersial. Desain area komersial dituntut untuk mengikuti tren dan lebih menarik.
Pada masa pandemi Covid-19 ini, area komersial juga dituntut untuk
memperhatikan keamanan dan pencegahan terhadap penularan virus. Salah satu
area komersial yang berkembang pesat adalah toko ritel. Konsep desain yang baik
sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah toko retail karena keputusan
pembelian konsumen dipengaruhi oleh suasana interior toko. Untuk menghasilkan
desain area komersial yang baik maka diperlukan peran konsultan interior dalam
hal ini. LV Studio mengambil peluang dari permasalah ini dan memilih untuk
menerapkan sense of place dalam setiap proyek komersialnya. Sense of place tidak
hanya menghasilkan desain yang estetik tetapi juga mampu memberikan identitas
dan menghubungkan pengguna dengan tempat tersebut. Nilai desain sense of place
ini diimplementasikan dalam perancangan toko DMP Musik di Surabaya. DMP
Musik merupakan toko alat musik yang lengkap di Surabaya. Seiring berjalannya
waktu, pemilik toko ingin usahanya berkembang dan semakin dikenal dengan citra
baik dimasyarakat. Perancangan ini juga dilatarbelakangi oleh kondisi toko yang
kurang mencerminkan musik dari desain fasad dan interiornya, bentuk ruangan
dominan kotak yang mempengaruhi kenyamanan akustik, dan kedepannya pemilik
ingin membuka sekolah musik sehingga memerlukan desain akustik dan tambahan
ruangan. Permasalahan yang ada dijawab dengan konsep dunia musik yang
berorientasi pada sense of place. Konsep dunia musik dapat memvisualisasikan
musik ke dalam interior dan menjawab permasalahan seperti optimasi ruang, desain
interior yang mempengaruhi akustik, dan desain fasad yang menarik.