LEADER MEMBER EXCHANGE DI PERUSAHAAN STARTUP
Abstract
Pesatnya pertumbuhan perusahaan startup di Indonesia memberikan area baru dalam penelitian leader member exchange, minimnya penelitian di bidang ini dengan metode penelitian kualitatif menjadikan area ini menarik dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran leader member exchange di perusahaan startup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan partisipan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis tematik dengan mengidentifikasi pola yang kemudian dikategorikan dan dikoding. Penelitian ini menemukan bahwa proses terbentuknya relasi diawali dengan interaksi formal yang kemudian berkembang menjadi relasi informal, di dalam relasi ini terjadi pertukaran manfaat yang didominasi oleh pertukaran manfaat non-material, bentuk dari relasi ini adalah social leader member exchange. Dari hasil penelitian ini, penting bagi pemilik perusahaan untuk menjaga dan memfasilitasi hubungan atasan dan karyawan untuk meningkatkan kesuksesan perusahaan.