PERANCANGAN INTERIOR DENGAN APLIKASI BRANDING LOBI SKYLINE TOWER SURABAYA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan agar desain gambar dapat membantu meningkatkan
kualitas dan penjualan jasa yang ditawarkan dalam Skyline Tower Surabaya
melalui desain lobinya. Total luas area lobi adalah 938,93 m
2
, dengan posisi
gedung pada Jalan Mayjend, Surabaya Barat. Metode pengumpulan data yang
dilakukan adalah studi literatur yang menggunakan sumber yang bervariasi seperti
buku, majalah, internet serta interview. Hal ini dilakukan untuk mengetahui
perkembangan gaya International Style dan Pop Art yang dapat diaplikasikan di
Indonesia. Secara umum, konsep lobi Skyline adalah sebuah tempat yang
bergengsi (prestige), sehingga desain yang diaplikasikan sesuai dengan
segmentasi pasar. Pada lobi gedung yang diperuntukan sebagai lobi hotel Harris,
International Style diberi esensi Pop Art untuk menjaga branding hotel yang lebih
kasual. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah menerapkan
konsep desain prestigious dengan gaya International Style pada lobi Skyline, dan
tambahan gaya popart pada lobi hotelnya dengan memperhatikan space sebagai
area sirkulasi multiuser.