PERANCANGAN DESAIN INTERIOR DESAIN KONSEP “AMBIENCE MESSAGE”
Abstract
PERANCANGAN DESAIN INTERIOR DENGAN KONSEP AMBIENCE
MESSAGE
Perkembangan wirausaha ini memberikan peluang yang besar bagi industri
kreatif. Sehingga perkembangan industri kreatif pun ikut berkembang pesat.
Perkembangan industri kreatif ini terlihat dari respon masyarakat dan banyaknya
industri-industri kreatif baru. Industri kreatif yang selalu berinovasi dalam desain
dan kreativitas memperbesar peluangnya terjun kedalam industri lain. Dalam industri kreatif ini, salah satunya adalah dalam dunia desain branding, desain interior dan advertising.
Pada perkembangannya, brand tidak hanya sebuah nama atau label sebuah
perusahaan saja, tetapi juga berpengaruh pada keseluruhan proses produksi produk dan jasa yang ditawarkan. Pengenalan kebutuhan akan interior branding ini
diharapkan akan menjadi trend wirausaha dimasa yang akan datang. Pengaplikasian brand dapat diciptakan juga pada interior. Interior yang sesuai dengan brand
akan memunculkan karakteristik perusahaan yang sebenarnya, serta menyampaikan maksud dan keinginan dari brand tersebut. Proses desain dalam mengaplikasikan brand menjadi keseluruhan desain interior dapat memperkuat karakter desain. Aplikasinya tidak hanya pada elemen dekoratif pada interiornya saja, tetapi
benar-benar menjadi elemen pembentuk ruang. Penciptaan nilai interior dengan
branding dapat dicapai melalui pengenalan secara mendalam mengenai brand dan
keinginan dari pemilik usaha secara mendalam. Sehingga dapat diciptakan sebuah
ruangan yang sesuai dengan karakter brand dan keinginan pemilik usaha. Tidak
hanya itu, brand juga berpengaruh pada pengkoordinasian ruang. Koordinasi ruang yang kuat juga dapat menjadi sebuah konsep aplikasi. Pada penciptaan desain
interior, tema yang diambil dapat disesuaikan dengan tema yang dapat menceritakan brandnya sendiri. Melalui tema, penciptaaan karakter ruang dapat dibentuk
secara maksimal sehingga para pengunjung yang datang dapat benar-benar
merasakan maksud dan makna yang akan diambil dari penciptaan ruang melalui
branding.