GAMBARAN METODE PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN DI TK X SURABAYA
Abstract
Berdasarkan hasil survei di lapangan, peneliti menemukan terdapat dua metode
yang diterapkan di TK X Surabaya. Metode ini berbeda dengan sekolah lainnya,
yaitu metode child centered dan multiple intelligences. Penelitian ini bertujuan
untuk menggambarkan metode yang diterapkan di TK X Surabaya. Manfaat dari
penelitian ini bagi peneliti adalah peneliti menggambarkan metode yang
diterapkan di TK X Surabaya dan bagi pihak sekolah dapat memberikan saran
tentang gambaran metode yang diterapkan di TK X Surabaya. Metode penelitian
data yang dipakai oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan triangulasi data
antar informan dengan interview dan observasi. Pembelajaran di TK X dilakukan
melalui dua metode pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran
di Sekolah X adalah menghasilkan siswa yang memiliki karakter
entrepreneurship serta mampu menghadapi tantangan global abad 21 dan metode
pembelajaran di Sekolah X dirancang dan mengacu pada metode multiple
intelligences dan child centered. Terdapat perbedaan dalam pelaksanaan metode
multiple intelligences. Disarankan kepada pihak sekolah untuk memberikan
pelatihan dengan menyediakan mentor sehingga dapat memantau penerapan
metode multiple intelligences. Bagi pihak guru, guru dapat menambah wawasan
tentang metode multiple intelligences dari berbagai macam sumber lainnya dan
dapat bertanya pada pihak sekolah apabila menemukan kesulitan maupun
pertanyaan seputar metode multiple intelligences.