ANALISIS FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA TERHADAP CAFÉ GORENGAN
Abstract
Pada saat ini perkembangan bisnis makanan di Indonesia sedang 
berkembang pesat. Salah satu contoh bisnis makanan yang sedang berkembang 
dan sangat dinikmati oleh kalangan mahasiswa adalah café. Café adalah jenis 
restoran yang menyajikan berbagai jenis makanan ringan dan minuman sembari 
bersosialisasi, berkencan dan lain sebagainya. Salah satu jenis makanan ringan 
yang menarik untuk diangkat dalam bentuk café adalah gorengan. Hal ini 
mendorong penulis untuk mengangkat gorengan dalam bentuk yang lebih modern 
seperti café di kawasan Surabaya Barat. Dengan mengangkat gorengan ke dalam 
bentuk cafe, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mahasiswa 
memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan berupa karakteristik 
konsumen dan bauran pemasaran. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah 
untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan 
pembelian mahasiswa terhadap café gorengan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan 
pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 120 orang 
mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya yang berusia 18-22 tahun. Teknik 
sampling yang digunakan adalah purposive cluster incidental sampling. Instrumen 
penelitian ini adalah kuesioner dengan jenis pertanyaan pilihan ganda yang terdiri 
dari 18 item dengan beberapa alternatif jawaban. Data yang didapatkan akan 
dianalisa secara deskriptif dengan menggunakan prosentase.
Data yang diolah menunjukkan bahwa faktor karakteristik konsumen yang 
mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian mahasiwa terhadap café 
gorengan adalah usia di mana mahasiswa akan menggunakan uangnya untuk 
rekreasi dan hiburan, keadaan ekonomi yang masih stabil serta daya beli yang 
tinggi, motif yang ingin dipenuhi adalah kebutuhan fisiologis (rasa lapar),
kebutuhan keselamatan (kenyamanan) serta memenuhi kebutuhan sosial 
(bersosialisasi) serta kelompok referensi yang paling mempengaruhi mahasiswa 
adalah teman/sahabat. Selain itu, faktor bauran pemasaran menunjukkan produk 
yang disukai mahasiswa adalah café dengan jenis semi indoor-outdoor dengan 
hiburan live music yang menyajikan berbagai jenis gorengan dengan cita rasa 
yang dominan asin dengan kisaran harga Rp.8.000- Rp.15.000 yang berlokasi di 
dalam sebuah mall dengan media promosi berupa brosur dan facebook serta 
promosi penjualan berupa voucher makanan dan member card.
