ANALISIS FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA TERHADAP CAFÉ GORENGAN
Abstract
Pada saat ini perkembangan bisnis makanan di Indonesia sedang
berkembang pesat. Salah satu contoh bisnis makanan yang sedang berkembang
dan sangat dinikmati oleh kalangan mahasiswa adalah café. Café adalah jenis
restoran yang menyajikan berbagai jenis makanan ringan dan minuman sembari
bersosialisasi, berkencan dan lain sebagainya. Salah satu jenis makanan ringan
yang menarik untuk diangkat dalam bentuk café adalah gorengan. Hal ini
mendorong penulis untuk mengangkat gorengan dalam bentuk yang lebih modern
seperti café di kawasan Surabaya Barat. Dengan mengangkat gorengan ke dalam
bentuk cafe, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mahasiswa
memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan berupa karakteristik
konsumen dan bauran pemasaran. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan
pembelian mahasiswa terhadap café gorengan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 120 orang
mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya yang berusia 18-22 tahun. Teknik
sampling yang digunakan adalah purposive cluster incidental sampling. Instrumen
penelitian ini adalah kuesioner dengan jenis pertanyaan pilihan ganda yang terdiri
dari 18 item dengan beberapa alternatif jawaban. Data yang didapatkan akan
dianalisa secara deskriptif dengan menggunakan prosentase.
Data yang diolah menunjukkan bahwa faktor karakteristik konsumen yang
mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian mahasiwa terhadap café
gorengan adalah usia di mana mahasiswa akan menggunakan uangnya untuk
rekreasi dan hiburan, keadaan ekonomi yang masih stabil serta daya beli yang
tinggi, motif yang ingin dipenuhi adalah kebutuhan fisiologis (rasa lapar),
kebutuhan keselamatan (kenyamanan) serta memenuhi kebutuhan sosial
(bersosialisasi) serta kelompok referensi yang paling mempengaruhi mahasiswa
adalah teman/sahabat. Selain itu, faktor bauran pemasaran menunjukkan produk
yang disukai mahasiswa adalah café dengan jenis semi indoor-outdoor dengan
hiburan live music yang menyajikan berbagai jenis gorengan dengan cita rasa
yang dominan asin dengan kisaran harga Rp.8.000- Rp.15.000 yang berlokasi di
dalam sebuah mall dengan media promosi berupa brosur dan facebook serta
promosi penjualan berupa voucher makanan dan member card.