| dc.contributor.author | SULIANI | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-27T03:03:13Z | |
| dc.date.available | 2022-01-27T03:03:13Z | |
| dc.date.issued | 2011 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4332 | |
| dc.description | Present time the development of food businesses in Indonesia is growing
rapidly. The example of growing food business and greatly enjoyed by students is
café. Café is one of the types of restaurant serving various kinds of snacks and
beverages while socializing, dating etc. One type of snacks that are appealing to
public service in a café is gorengan. This prompted the authors to get gorengan in
a modern form like café in the area West of Surabaya. By getting gorengan into a
cafe, there are several things to note that students decide to purchase products
offered such as consumer characteristics and marketing mix. Thus, the purpose of
this research was to learn the factors are influencing purchasing decisions of
students toward café gorengan.
This research is a descriptive study using a quantitative approach. Total
samples of this research are 120 Ciputra University Surabaya students which is
18-22 years. Sampling technique used was purposive cluster incidental sampling.
Research instrument was a questionnaire with multiple-choice type questions
consisting of 18 items with multiple answers. The data obtained will be analyzed
descriptively using percentages.
The processed data show the factor of consumer characteristics that
influence purchase decision of students to the café gorengan are the age, which
students will use the money for recreation and entertainment, state of the economy
which still stable and high purchasing power, a motive fulfilled is physiological
needs (hunger), safety needs (comfort) as well as meeting social needs (social)
and reference groups that most influence student is friend/bestfriend. In addition,
the marketing mix factors indicate the students preferred product café with semi
indoor-outdoor type with live music entertainment that presents various types of
gorengan with a dominant salty taste with a price range of Rp.8.000-Rp.15.000 is
located in a mall with promotion media such as brochures and facebook and sales
promotion such as food vouchers and membership card. | en_US |
| dc.description.abstract | Pada saat ini perkembangan bisnis makanan di Indonesia sedang
berkembang pesat. Salah satu contoh bisnis makanan yang sedang berkembang
dan sangat dinikmati oleh kalangan mahasiswa adalah café. Café adalah jenis
restoran yang menyajikan berbagai jenis makanan ringan dan minuman sembari
bersosialisasi, berkencan dan lain sebagainya. Salah satu jenis makanan ringan
yang menarik untuk diangkat dalam bentuk café adalah gorengan. Hal ini
mendorong penulis untuk mengangkat gorengan dalam bentuk yang lebih modern
seperti café di kawasan Surabaya Barat. Dengan mengangkat gorengan ke dalam
bentuk cafe, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mahasiswa
memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan berupa karakteristik
konsumen dan bauran pemasaran. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan
pembelian mahasiswa terhadap café gorengan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 120 orang
mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya yang berusia 18-22 tahun. Teknik
sampling yang digunakan adalah purposive cluster incidental sampling. Instrumen
penelitian ini adalah kuesioner dengan jenis pertanyaan pilihan ganda yang terdiri
dari 18 item dengan beberapa alternatif jawaban. Data yang didapatkan akan
dianalisa secara deskriptif dengan menggunakan prosentase.
Data yang diolah menunjukkan bahwa faktor karakteristik konsumen yang
mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian mahasiwa terhadap café
gorengan adalah usia di mana mahasiswa akan menggunakan uangnya untuk
rekreasi dan hiburan, keadaan ekonomi yang masih stabil serta daya beli yang
tinggi, motif yang ingin dipenuhi adalah kebutuhan fisiologis (rasa lapar),
kebutuhan keselamatan (kenyamanan) serta memenuhi kebutuhan sosial
(bersosialisasi) serta kelompok referensi yang paling mempengaruhi mahasiswa
adalah teman/sahabat. Selain itu, faktor bauran pemasaran menunjukkan produk
yang disukai mahasiswa adalah café dengan jenis semi indoor-outdoor dengan
hiburan live music yang menyajikan berbagai jenis gorengan dengan cita rasa
yang dominan asin dengan kisaran harga Rp.8.000- Rp.15.000 yang berlokasi di
dalam sebuah mall dengan media promosi berupa brosur dan facebook serta
promosi penjualan berupa voucher makanan dan member card. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | café | en_US |
| dc.subject | mahasiswa | en_US |
| dc.subject | mahasiswa | en_US |
| dc.subject | keputusan pembelian | en_US |
| dc.subject | karakteristik konsumen | en_US |
| dc.subject | bauran pemasaran | en_US |
| dc.title | ANALISIS FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA TERHADAP CAFÉ GORENGAN | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 73201 | |
| dc.identifier.nidn | 0612017301 | |
| dc.identifier.nidn | LIVIA YULIAWATI | |
| dc.identifier.nim | 30107009 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | JIMMY ELLYA KURNIAWAN | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | LIVIA YULIAWATI | |