Show simple item record

dc.contributor.authorSULIANI
dc.date.accessioned2022-01-27T03:03:13Z
dc.date.available2022-01-27T03:03:13Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4332
dc.descriptionPresent time the development of food businesses in Indonesia is growing rapidly. The example of growing food business and greatly enjoyed by students is café. Café is one of the types of restaurant serving various kinds of snacks and beverages while socializing, dating etc. One type of snacks that are appealing to public service in a café is gorengan. This prompted the authors to get gorengan in a modern form like café in the area West of Surabaya. By getting gorengan into a cafe, there are several things to note that students decide to purchase products offered such as consumer characteristics and marketing mix. Thus, the purpose of this research was to learn the factors are influencing purchasing decisions of students toward café gorengan. This research is a descriptive study using a quantitative approach. Total samples of this research are 120 Ciputra University Surabaya students which is 18-22 years. Sampling technique used was purposive cluster incidental sampling. Research instrument was a questionnaire with multiple-choice type questions consisting of 18 items with multiple answers. The data obtained will be analyzed descriptively using percentages. The processed data show the factor of consumer characteristics that influence purchase decision of students to the café gorengan are the age, which students will use the money for recreation and entertainment, state of the economy which still stable and high purchasing power, a motive fulfilled is physiological needs (hunger), safety needs (comfort) as well as meeting social needs (social) and reference groups that most influence student is friend/bestfriend. In addition, the marketing mix factors indicate the students preferred product café with semi indoor-outdoor type with live music entertainment that presents various types of gorengan with a dominant salty taste with a price range of Rp.8.000-Rp.15.000 is located in a mall with promotion media such as brochures and facebook and sales promotion such as food vouchers and membership card.en_US
dc.description.abstractPada saat ini perkembangan bisnis makanan di Indonesia sedang berkembang pesat. Salah satu contoh bisnis makanan yang sedang berkembang dan sangat dinikmati oleh kalangan mahasiswa adalah café. Café adalah jenis restoran yang menyajikan berbagai jenis makanan ringan dan minuman sembari bersosialisasi, berkencan dan lain sebagainya. Salah satu jenis makanan ringan yang menarik untuk diangkat dalam bentuk café adalah gorengan. Hal ini mendorong penulis untuk mengangkat gorengan dalam bentuk yang lebih modern seperti café di kawasan Surabaya Barat. Dengan mengangkat gorengan ke dalam bentuk cafe, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mahasiswa memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan berupa karakteristik konsumen dan bauran pemasaran. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa terhadap café gorengan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 120 orang mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya yang berusia 18-22 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive cluster incidental sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dengan jenis pertanyaan pilihan ganda yang terdiri dari 18 item dengan beberapa alternatif jawaban. Data yang didapatkan akan dianalisa secara deskriptif dengan menggunakan prosentase. Data yang diolah menunjukkan bahwa faktor karakteristik konsumen yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian mahasiwa terhadap café gorengan adalah usia di mana mahasiswa akan menggunakan uangnya untuk rekreasi dan hiburan, keadaan ekonomi yang masih stabil serta daya beli yang tinggi, motif yang ingin dipenuhi adalah kebutuhan fisiologis (rasa lapar), kebutuhan keselamatan (kenyamanan) serta memenuhi kebutuhan sosial (bersosialisasi) serta kelompok referensi yang paling mempengaruhi mahasiswa adalah teman/sahabat. Selain itu, faktor bauran pemasaran menunjukkan produk yang disukai mahasiswa adalah café dengan jenis semi indoor-outdoor dengan hiburan live music yang menyajikan berbagai jenis gorengan dengan cita rasa yang dominan asin dengan kisaran harga Rp.8.000- Rp.15.000 yang berlokasi di dalam sebuah mall dengan media promosi berupa brosur dan facebook serta promosi penjualan berupa voucher makanan dan member card.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectcaféen_US
dc.subjectmahasiswaen_US
dc.subjectmahasiswaen_US
dc.subjectkeputusan pembelianen_US
dc.subjectkarakteristik konsumenen_US
dc.subjectbauran pemasaranen_US
dc.titleANALISIS FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA TERHADAP CAFÉ GORENGANen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn73201
dc.identifier.nidn0612017301
dc.identifier.nidnLIVIA YULIAWATI
dc.identifier.nim30107009
dc.identifier.dosenpembimbingJIMMY ELLYA KURNIAWAN
dc.identifier.dosenpembimbingLIVIA YULIAWATI


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record