• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN TINGKAT KREATIVITAS ANTARA INSTRUMENTALIS DAN VOKALIS

    Thumbnail
    View/Open
    Abstrak (213.9Kb)
    BAB I (320.5Kb)
    BAB II (334.2Kb)
    BAB III (272.5Kb)
    BAB IV (281.0Kb)
    BAB V (257.2Kb)
    BAB VI (288.1Kb)
    Halaman Judul (174.6Kb)
    Daftar Isi (216.2Kb)
    Daftar Lampiran (248.1Kb)
    Daftar Pustaka (258.2Kb)
    Kata Pengantar (189.9Kb)
    Lampiran Data instrumentalis (288.7Kb)
    Lampiran Data tabulasi instrumentalis (278.2Kb)
    Lampiran Data tabulasi vokalis (273.6Kb)
    Lampiran Data vokalis (291.6Kb)
    Lampiran Tes Kreativitas Verbal (309.9Kb)
    Lampiran (288.2Kb)
    Lembar Persetujuan (213.8Kb)
    Pernyataan Keaslian (231.2Kb)
    Ucapan Terimakasih (190.6Kb)
    Date
    2011
    Author
    CHRISTIANA, NATASHA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebagai seorang entrepreneur, kreativitas diperlukan untuk menciptakan ide-ide kreatif dan untuk menyelesaikan masalah. Salah satu cara meningkatkan kreativitas yaitu dengan mempelajari musik. Menurut sumber suaranya, musik dibagi menjadi dua, yakni musik vokal dan instrumental (Simanungkalit, 2008). Berdasarkan hasil survey, ditemukan sebuah persepsi umum bahwa vokalis atau penyanyi pada umumnya kurang kreatif dibanding instrumentalis atau pemain musik. Persepsi ini juga didukung oleh hasil penelitian Ibuka (1971) yang menyatakan bahwa hasil pendidikan musik vokal tidak semaksimal dan sebaik dari hasil pendidikan musik instrumental. Pernyataan Ibuka tersebut kontras dengan hasil penelitian Schellenberg (2004) yang membuktikan bahwa pelajaran musik piano dan vokal memiliki pengaruh yang sama dalam meningkatkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas vokalis dan instrumental dalam rangka menguji kedua penelitian yang terdahulu, yakni penelitian Ibuka dan Schellenberg. Penelitian ini menggunakan metode tes, yaitu Tes Kreativitas Verbal. Sampel penelitian diambil dari komunitas musisi gereja di Malang dan Surabaya yang terdiri dari 30 vokalis dan 30 instrumentalis yang masih aktif menjalankan tugasnya sebagai musisi. Sampel yang digunakan adalah 60 orang musisi. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang telah disesuaikan dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil rata-rata skor Creativity Quotient (CQ) kedua kelompok musisi termasuk dalam golongan sangat superior, dengan skor rata-rata vokalis adalah 134,5 dan instrumentalis adalah 131,9. Analisis skor menggunakan uji t yang diproses dengan program R, dan menghasilkan p-value lebih besar dari angka kepercayaan 0.05, yaitu 0.4. Hasil tersebut mengungkapkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara vokalis dan musisi intrumental. Dengan demikian, baik mempelajari vokal maupun musik instrumen, keduanya dapat meningkatkan kreativitas secara optimal.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4338
    Collections
    • Psikologi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire