| dc.contributor.author | CHRISTIANA, NATASHA | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-27T04:02:48Z | |
| dc.date.available | 2022-01-27T04:02:48Z | |
| dc.date.issued | 2011 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4338 | |
| dc.description | As an entrepreneur, creativity is needed to create creative-inovative ideas and to
solve problems. One way to increase creativity is to learn music. According to the
source of the voice, music is divided into two parts, vocal and instrumental
(Simanungkalit, 2008). Based on result of the survey, researcher found a general
perception that the vocalist or singers are generally less creative than the
instrumentalist or music players. This perception is also supported by the result of
Ibuka’s research (1971) which states that the result of vocal music education is
not as much and as good as the results of instrumental music education. Ibuka
statement is in contrast to the research result of Schellenberg (2004) which proves
that the piano and vocal music lessons have the same effect in enhancing
creativity. This study aims to determine differences in vocalist and instrumentalist
creativity in order to examine both the previous research, Ibuka’s and
Schellenberg’s. This study uses a test method, namely Verbal Creativity Test. The
samples used were 60 musicians. The research sample was taken from the
musicians community in church at Malang and Surabaya, which consists of 30
instrumentalist and 30 vocalist who are still actively carrying out their duties as
musicians. Sampling through purposive sampling which has been adjusted to
predetermined criteria. The results score of Creativity Quotient (CQ), both groups
of musicians included in the class of very superior, with an average score is 134.5
vocalist and instrumentalist is 131.9. Analysis of scores using the t test are
processed by the program R, and produces p-value greater than the number of
confidence 0.05, namely 0.4. These results reveal that there was no significant
difference between instrumentalist and vocalist. Thus, both studying vocal and
musical instruments, can improve creativity optimally. | en_US |
| dc.description.abstract | Sebagai seorang entrepreneur, kreativitas diperlukan untuk menciptakan ide-ide
kreatif dan untuk menyelesaikan masalah. Salah satu cara meningkatkan
kreativitas yaitu dengan mempelajari musik. Menurut sumber suaranya, musik
dibagi menjadi dua, yakni musik vokal dan instrumental (Simanungkalit, 2008).
Berdasarkan hasil survey, ditemukan sebuah persepsi umum bahwa vokalis atau
penyanyi pada umumnya kurang kreatif dibanding instrumentalis atau pemain
musik. Persepsi ini juga didukung oleh hasil penelitian Ibuka (1971) yang
menyatakan bahwa hasil pendidikan musik vokal tidak semaksimal dan sebaik
dari hasil pendidikan musik instrumental. Pernyataan Ibuka tersebut kontras
dengan hasil penelitian Schellenberg (2004) yang membuktikan bahwa pelajaran
musik piano dan vokal memiliki pengaruh yang sama dalam meningkatkan
kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas
vokalis dan instrumental dalam rangka menguji kedua penelitian yang terdahulu,
yakni penelitian Ibuka dan Schellenberg. Penelitian ini menggunakan metode tes,
yaitu Tes Kreativitas Verbal. Sampel penelitian diambil dari komunitas musisi
gereja di Malang dan Surabaya yang terdiri dari 30 vokalis dan 30 instrumentalis
yang masih aktif menjalankan tugasnya sebagai musisi. Sampel yang digunakan
adalah 60 orang musisi. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
yang telah disesuaikan dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil rata-rata skor
Creativity Quotient (CQ) kedua kelompok musisi termasuk dalam golongan
sangat superior, dengan skor rata-rata vokalis adalah 134,5 dan instrumentalis
adalah 131,9. Analisis skor menggunakan uji t yang diproses dengan program R,
dan menghasilkan p-value lebih besar dari angka kepercayaan 0.05, yaitu 0.4.
Hasil tersebut mengungkapkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara
vokalis dan musisi intrumental. Dengan demikian, baik mempelajari vokal
maupun musik instrumen, keduanya dapat meningkatkan kreativitas secara
optimal. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Kreativitas | en_US |
| dc.subject | Musik | en_US |
| dc.subject | Kreativitas Musisi | en_US |
| dc.subject | Vokalis | en_US |
| dc.subject | Instrumentalis | en_US |
| dc.title | PERBEDAAN TINGKAT KREATIVITAS ANTARA INSTRUMENTALIS DAN VOKALIS | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0704076801 | |
| dc.identifier.nidn | 0712038301 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 73201 | |
| dc.identifier.nim | 30107014 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | JENNY LUKITO SETIAWAN | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | CICILIA LARASATI REMBULAN | |