ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERAWATAN KULIT ORGANIK PADA WANITA DEWASA AWAL DI CITRALAND SURABAYA
Abstract
Maraknya kasus kosmetik yang menggunakan bahan kimia berbahaya menjadi
salah satu sebab munculnya produk perawatan kulit organik. Perawatan kulit
organik telah banyak beredar di kawasan Amerika dan Eropa, namun tidak
demikian halnya di Indonesia. Penelitian mengenai produk perawatan kulit
organik di Indonesia masih sangat terbatas, oleh sebab itu penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan
keputusan pembelian produk perawatan kulit organik pada wanita dewasa awal.
Metode penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner di kawasan
CitraLand Surabaya dengan metode purposive random sampling. Responden
adalah 100 orang wanita dengan rentang usia 20-40 tahun. Indikator yang
digunakan dalam penelitian ini adalah motivasi. persepsi, pengetahuan, keyakinan
dan pendirian, produk, harga, lokasi, dan promosi. Melalui indikator motivasi
dapat disimpulkan bahwa responden termotivasi dengan hal-hal pragmatis yang
manfaatnya dapat dilihat secara langsung. Melalui indikator persepsi dapat
disimpulkan bahwa responden memiliki persepsi positif terhadap produk yang
aman digunakan dalam jangka panjang. Melalui indikator pengetahuan dapat
disimpulkan bahwa responden merasa tahu dan pernah menggunakan produk
perawatan kulit organik meskipun banyak yang tidak memahami secara detil
karena tidak mempelajari bahan-bahan yang menyusun suatu produk. Melalui
indikator keyakinan dan pendirian dapat disimpulkan bahwa responden terbuka
dengan produk dan layanan/treatment baru yang lebih menjamin
keamanan/kesehatan. Melalui indikator produk dapat disimpulkan bahwa
responden menginginkan produk yang memberikan jaminan kesehatan. Melalui
indikator harga dapat disimpulkan bahwa harga produk ideal berkisar antara Rp
150.000,- hingga Rp 200.000,- dan tarif treatment berkisar antara Rp 100.000,-
hingga Rp 300.000,-. Melalui indikator lokasi dapat disimpulkan bahwa
responden menginginkan klinik kecantikan yang juga menyediakan jasa
pengantaran produk dan servis ke rumah. Melalui indikator promosi dapat
disimpulkan bahwa responden memilih promosi berupa diskon produk/treatment.
Untuk penelitian selanjutnya diharapkan peneliti dapat membangun rapor lebih
baik terhadap responden dan membahas lebih dalam mengenai cara promosi yang
paling efektif, serta mendapatkan data dari berbagai kelas sosial ekonomi agar
data yang diperoleh lebih beragam.