• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD X

    Thumbnail
    View/Open
    ABSTRACT (150.7Kb)
    Abstrak (150.2Kb)
    BAB I (204.9Kb)
    BAB II (324.7Kb)
    BAB III (185.9Kb)
    BAB IV (266.0Kb)
    BAB V (202.9Kb)
    BAB VI (253.2Kb)
    Blue Print (157.0Kb)
    Halaman Judul (165.6Kb)
    Daftar Absen Eksperimen (175.8Kb)
    Daftar Isi (151.4Kb)
    Daftar Lampiran (146.1Kb)
    Daftar Pustaka (258.3Kb)
    Daftar Tabel (147.3Kb)
    Kata Pengantar (183.9Kb)
    Olah Statistik (146.4Kb)
    PRE TEST DAN POST TEST MATEMATIKA (544.7Kb)
    Selisih (154.8Kb)
    Tabel Laporan Penelitian (192.6Kb)
    Tabulasi Nilai Post-Test (Eksperimen) (201.9Kb)
    Tabulasi Nilai Post-Test (Kontrol) (199.7Kb)
    Tabulasi Nilai Pre-Test (Eksperimen) (201.9Kb)
    Tabulasi Nilai Pre-Test (Kontrol) (199.8Kb)
    Date
    2011
    Author
    WONGSO, WAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fenomena yang menunjukan bahwa pelajaran matematika masih menjadi salah satu pelajaran yang paling ditakuti oleh siswa-siswi di sekolah khususnya di sekolah dasar, menjadi salah satu alasan mengapa matematika dipilih untuk dijadikan subyek pembahasan. Musik klasik dipilih sebagai faktor yang diharapkan dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika dikarenakan pada banyak penelitian yang sebelumnya, ditemukan bahwa musik klasik memiliki dampak positif terhadap kecerdasan seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah musik klasik juga dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika seorang anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, dimana digunakan 2 kelompok yang masin masing beranggotakan 16 orang pada kelompok kontrol dan 17 orang pada kelompok eksperimen yang sistem pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling yang sudah sesuai dengan kualifikasi sampel seperti yang diharapakan peneliti. Perbedaan jumlah subyek diakibatkan salah satu murid di kelompok kontrol tiba-tiba keluar dari sekolah dimana penelitian ini diadakan. Baik kelompok kontrol dan eksperimen sama-sama memiliki karakteristik yang sama persis mulai dari nilai rata-rata kelas, guru pengajar matematika sampai kurikulum dan tesprestasi belajar yang akan diberikan dalam rangka pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent control group design. Design ini dipilih dikarenakan baik dalam kelompok kontrol maupun eksperimen, subyeknya sudah ditentukan dan diatur secara ketat agar meminimalisir uncontrol variable yang mungkin bisa mengganggu jalannya eksperimen. Dengan hasil pengolahan statistik dimana korelasi selisih nilai rata-rata pre test dan post test kelompok kontrol dan eksperimen sebesar p-value = 0,1196 dengan selang kepercayaan sebesar 95%, maka disimpulkan tidak ada pengaruh signifikan mendengarkan musik klasik dengan prestasi belajar matematika. Ada beberapa hal yangternyata juga turut mempengaruhi prestasi belajar matematika seperti motivasi belajar, lingkungan sosial dan juga level kenyamanan emosi seorang siswa dalam menerima stimulus yang berasal dari luar dirinya.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4353
    Collections
    • Psikologi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire