PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD X
Abstract
Fenomena yang menunjukan bahwa pelajaran matematika masih menjadi salah
satu pelajaran yang paling ditakuti oleh siswa-siswi di sekolah khususnya di
sekolah dasar, menjadi salah satu alasan mengapa matematika dipilih untuk
dijadikan subyek pembahasan. Musik klasik dipilih sebagai faktor yang
diharapkan dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika dikarenakan pada
banyak penelitian yang sebelumnya, ditemukan bahwa musik klasik memiliki
dampak positif terhadap kecerdasan seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mencari tahu apakah musik klasik juga dapat berpengaruh positif terhadap
prestasi belajar matematika seorang anak. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode penelitian eksperimen, dimana digunakan 2 kelompok yang masin masing beranggotakan 16 orang pada kelompok kontrol dan 17 orang pada
kelompok eksperimen yang sistem pengambilan sampelnya menggunakan teknik
purposive sampling yang sudah sesuai dengan kualifikasi sampel seperti yang
diharapakan peneliti. Perbedaan jumlah subyek diakibatkan salah satu murid di
kelompok kontrol tiba-tiba keluar dari sekolah dimana penelitian ini diadakan.
Baik kelompok kontrol dan eksperimen sama-sama memiliki karakteristik yang
sama persis mulai dari nilai rata-rata kelas, guru pengajar matematika sampai
kurikulum dan tesprestasi belajar yang akan diberikan dalam rangka pre-test dan
post-test. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent control group design.
Design ini dipilih dikarenakan baik dalam kelompok kontrol maupun eksperimen,
subyeknya sudah ditentukan dan diatur secara ketat agar meminimalisir uncontrol
variable yang mungkin bisa mengganggu jalannya eksperimen. Dengan hasil
pengolahan statistik dimana korelasi selisih nilai rata-rata pre test dan post test
kelompok kontrol dan eksperimen sebesar p-value = 0,1196 dengan selang
kepercayaan sebesar 95%, maka disimpulkan tidak ada pengaruh signifikan
mendengarkan musik klasik dengan prestasi belajar matematika. Ada beberapa hal
yangternyata juga turut mempengaruhi prestasi belajar matematika seperti
motivasi belajar, lingkungan sosial dan juga level kenyamanan emosi seorang
siswa dalam menerima stimulus yang berasal dari luar dirinya.