| dc.contributor.author | WONGSO, WAWAN | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-27T08:02:34Z | |
| dc.date.available | 2022-01-27T08:02:34Z | |
| dc.date.issued | 2011 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4353 | |
| dc.description | The phenomenon which shows that the math lesson is still one of the most feared
by the students at the school, especially in elementary school, became one of the
reasons why math was chosen to be the subject of discussion. Classical music was
chosen as a factor that is expected to affect math achievement because of the
many previous studies, found that classical music has a positive impact on a
person's intellect. The purpose of this study was to find out whether classical
music can also have positive influence on a child's math achievement. The
research method used was experimental research method, which used two groups
each consisting of brackish-16 students in the control group and 17 students in
the experimental group sample collection system using purposive sampling
technique that is in conformity with the qualification samples as expected peneliti.
Differences number of subject caused one of the students in the control group
was suddenly out of the school where this research was held. Both control and
experimental groups both had exactly the same characteristics from the average
value of the class, teacher of mathematics to the curriculum and learning
achievement test to be provided in order to pre-test and post-test. This study used
the design of non equivalent control group design. This design was chosen
because of both the control and experimental groups, the subject has been
determined and are strictly for uncontrol minimize variables that might disturb
the course of the experiment. With the results of statistical processing in which the
correlation differences value of the average pre test and post test control class
and experiment with p-value=0,1196 with assumption trust validity 95%, then
concluded there was no significant effect of listening to classical music and
mathematics achievement score. There are some things that also affect the
achievement of learning mathematics as learning motivation, social
environment and also the level of emotional comfort of a student in receiving
stimuli originating from outside himself. | en_US |
| dc.description.abstract | Fenomena yang menunjukan bahwa pelajaran matematika masih menjadi salah
satu pelajaran yang paling ditakuti oleh siswa-siswi di sekolah khususnya di
sekolah dasar, menjadi salah satu alasan mengapa matematika dipilih untuk
dijadikan subyek pembahasan. Musik klasik dipilih sebagai faktor yang
diharapkan dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika dikarenakan pada
banyak penelitian yang sebelumnya, ditemukan bahwa musik klasik memiliki
dampak positif terhadap kecerdasan seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mencari tahu apakah musik klasik juga dapat berpengaruh positif terhadap
prestasi belajar matematika seorang anak. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode penelitian eksperimen, dimana digunakan 2 kelompok yang masin masing beranggotakan 16 orang pada kelompok kontrol dan 17 orang pada
kelompok eksperimen yang sistem pengambilan sampelnya menggunakan teknik
purposive sampling yang sudah sesuai dengan kualifikasi sampel seperti yang
diharapakan peneliti. Perbedaan jumlah subyek diakibatkan salah satu murid di
kelompok kontrol tiba-tiba keluar dari sekolah dimana penelitian ini diadakan.
Baik kelompok kontrol dan eksperimen sama-sama memiliki karakteristik yang
sama persis mulai dari nilai rata-rata kelas, guru pengajar matematika sampai
kurikulum dan tesprestasi belajar yang akan diberikan dalam rangka pre-test dan
post-test. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent control group design.
Design ini dipilih dikarenakan baik dalam kelompok kontrol maupun eksperimen,
subyeknya sudah ditentukan dan diatur secara ketat agar meminimalisir uncontrol
variable yang mungkin bisa mengganggu jalannya eksperimen. Dengan hasil
pengolahan statistik dimana korelasi selisih nilai rata-rata pre test dan post test
kelompok kontrol dan eksperimen sebesar p-value = 0,1196 dengan selang
kepercayaan sebesar 95%, maka disimpulkan tidak ada pengaruh signifikan
mendengarkan musik klasik dengan prestasi belajar matematika. Ada beberapa hal
yangternyata juga turut mempengaruhi prestasi belajar matematika seperti
motivasi belajar, lingkungan sosial dan juga level kenyamanan emosi seorang
siswa dalam menerima stimulus yang berasal dari luar dirinya. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Musik Klasik | en_US |
| dc.subject | Matematika | en_US |
| dc.subject | Eksperimen | en_US |
| dc.title | PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD X | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |