PERANCANGAN FURNITUR KELAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Abstract
“PERANCANGAN FURNITUR KELAS PENDIDIKAN ANAK USIA
DINI UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR
MENGAJAR”
Dewasa ini jumlah kanak-kanak semakin meningkat. Hal ini sejalan
dengan peningkatan kepedulian pemerintah Indonesia terhadap pendidikan kanakkanak. Masa kanak-kanak memang merupakan masa keemasan dimana otak
berkembang dengan pesat sehingga menjadi masa yang paling tepat untuk
meningkatkan pendidikan anak secara formal maupun non formal.
Pendidikan untuk anak-kanak yang meliputi anak usia 2-6 tahun berada
dibawah naungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Institusi Pendidikan Anak
Usia Dini yang ada saat ini mayoritas merupakan tempat berkumpulnya anak-anak
yang diajar oleh tenaga pendidik dengan fasilitas seadanya. Agar dapat
memberikan layanan yang lebih baik dan lebih mendukung pendidikan anak,
diperlukan fasilitas yang mampu ikut serta membantu pendidikan sekaligus
mendidik anak.
Perancangan Furnitur Kelas Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mendukung
kegiatan Belajar Mengajar bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap dunia
pendidikan kanak-kanak di Indonesia. Furnitur yang dirancang diharapkan dapat
menjaga keamanan anak, meningkatkan kenyamanan anak dan mendukung
kegiatan belajar mengajar.
viii
Usaha mendukung kegiatan belajar mengajar salah satunya dibahas dalam
konsep “Geometric Identity”. Bentuk geometis merupakan salah satu topik utama
yang terdapat pada kurikulum tiap fasilitas PAUD selain angka dan huruf.
Identitas diberikan agar anak dapat belajar kerapian dan keteraturan peletakan
barang serta dapat meningkatkan rasa memiliki terhadap furnitur dan barang yang
ada.