• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA, SUPERVISOR, DAN REKAN KERJA DENGAN RESILIENCE OF EFFICACY GURU SEKOLAH LUAR BIASA DI SURABAYA

    Thumbnail
    View/Open
    Halaman Judul (1.695Mb)
    Abstrak (1.657Mb)
    Kata Pengantar (1.649Mb)
    Daftar Isi (1.657Mb)
    Daftar Tabel (1.652Mb)
    Daftar Bagan (1.648Mb)
    Daftar Lampiran (1.649Mb)
    Bab I (1.697Mb)
    Bab II (1.704Mb)
    Bab III (1.696Mb)
    Bab IV (1.814Mb)
    Bab V (1.725Mb)
    Bab VI (1.678Mb)
    Daftar Rujukan (1.666Mb)
    Lampiran (1.742Mb)
    Motto (1.648Mb)
    Ucapan Terima Kasih (1.657Mb)
    Pernyataan Keaslian (2.378Mb)
    Persetujuan Dosen Pembimbing (2.209Mb)
    Persetujuan Tim Penguji Skripsi (2.202Mb)
    Date
    2016
    Author
    Santoso, Elisabeth
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dukungan sosial keluarga, supervisor, dan rekan kerja dengan resilience of efficacy guru SLB di Surabaya. Populasi penelitian adalah guru dari SLB yang telah terakreditasi di Surabaya. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik total population study (n=94) berdasarkan data akreditasi SLB dari situs Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Alat ukur dukungan sosial dan resilience of efficacy merupakan skala yang dikembangkan oleh Park dan Kim (2008) dan diadaptasi oleh rekanan Park dan Kim di Indonesia. Skala dukungan sosial dimodifikasi agar sesuai dengan tujuan penelitian. Analisa data dilakukan menggunakan uji korelasi ganda dan korelasi parsial dengan bantuan SPSS 22. Hasil uji korelasi ganda menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga, supervisor, dan rekan kerja secara bersama-sama dengan resilience of efficacy guru SLB (R=0,695; p<0,05). Dukungan keluarga, supervisor, dan rekan kerja memberikan kontribusi efektif sebesar 48% (R²=0,483) bagi resilience of efficacy subyek pada penelitian ini. Hasil uji korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan resilience of efficacy guru SLB dengan mengendalikan dukungan sosial supervisor dan rekan kerja (r=0,257; p<0,05); hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial supervisor dengan resilience of efficacy guru SLB dengan mengendalikan dukungan sosial keluarga dan rekan kerja (r=0,215; p<0,05); serta hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial rekan kerja dengan resilience of efficacy guru SLB dengan mengendalikan dukungan sosial supervisor dan keluarga (r=0,219; p<0,05). Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa hubungan antara dukungan sosial keluarga, supervisor, dan rekan kerja dengan resilience of efficacy guru SLB lebih kuat ketika diberikan bersama-sama.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4818
    Collections
    • Psikologi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire