HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN PERILAKU BERORIENTASI PASAR EKSTERNAL PADA GURU DI SEKOLAH X
Abstract
Guru merupakan sebuah profesi yang secara tidak langsung menjadi garis terdepan
dari sebuah institusi sekolah. Di masa perekonomian yang penuh dengan persaingan
seperti sekarang baik buruknya sebuah institusi sekolah seringkali tidak hanya dinilai
dari kemampuan para guru dari sekolah tersebut dalam hal mengajar, tetapi kualitas
pelayanannya terhadap konsumen dari sekolah tersebut. Perilaku melayani konsumen
itu disebut dengan perilaku berorientasi pasar eksternal. Banyak faktor yang
mempengaruhi perilaku berorientasi pasar eksternal itu sendiri. Tetapi yang paling
banyak diteliti oleh para peneliti didunia industri perekonomian adalah hubungan
antara kepuasan kerja dengan perilaku berorientasi pasar eksternal. Hingga penelitian
ini ditulis, peneliti belum menemukan adanya penelitian yang secara spesifik
meneliti hubungan kepuasan kerja seorang guru yang dilihat dari kepuasan
individunya terhadap perilaku berorientasi pasar eksternalnya. Dari sinilah peneliti
beranggapan bahwa hal tersebut penting untuk diteliti untuk menemukan apakah ada
hubungan antara kepuasan kerja dengan perilaku berorientasi pasar eksternal guru di
sekolah X. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif, dengan desain korelasional.
Populasi dari penelitian adalah seluruh anggota dari populasi yaitu berjumlah 65
orang guru. Pengukuran menggunakan dua skala yaitu skala orientasi pasar eksternal
yang dibuat oleh Francine K. Schlosser Rod B. McNaughton yang dikembangkan
dari dimensi orientasi pasar “MARKOR Scale” milik Jaworski dan Kohli dan skala
kepuasan kerja JSS (Job Satisfaction Survey) yang dibuat oleh Paul Spector. Hasil
yang didapatkan akan uji korelasi Pearson Product Moment dengan menggunakan
bantuan program SPSS. Hasil uji korelasi menunjukkan tidak adanya hubungan
antara kepuasan kerja dengan perilaku berorientasi pasar eksternal pada guru di
sekolah X (r= -0.098; p-value = 0.220; p-value <0.05). Dengan demikian, tinggi
rendahnya kepuasan kerja guru di sekolah X tidak akan memberikan efek terhadap
perilaku berorientasi pasar eksternal.
