dc.contributor.author | Gunawan, Gilbert Soenjaya | |
dc.date.accessioned | 2022-04-01T08:59:26Z | |
dc.date.available | 2022-04-01T08:59:26Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4823 | |
dc.description | Teacher is a profession that is indirectly being at the forefront of a school institution.
In a economic climate that is full of competitiveness as it is now, good or bad
valuation of a school institution is often not only judged on the ability of the teachers
of these schools in terms of teaching, but the quality of service to consumers from the
school. This service excellence behaviour is called the external market oriented
behavior. Many factors influence the behavior of the external market oriented itself.
But the most widely studied by researchers in the world industrial economy is the
relationship between job satisfaction and external market oriented behavior. Until
this study was written, researcher have not found any studies that specifically
examined the relationship of a teacher job satisfaction as seen from the individual
satisfaction of the external market oriented behavior. From this facts, the researcher
believe that it is important to investigate to find out whether there is a relationship
between job satisfaction and external market oriented behavior of teachers at school
X. This study uses a quantitative study, and the correlational design. The population
of the study were all members of the population that is 65 teachers. Measurements
using two scales, namely the external market orientation scale created by Francine K.
Schlosser Rod B. McNaughton developed from the dimension of market orientation
"Markor Scale" property Jaworski and Kohli and job satisfaction scale JSS (Job
Satisfaction Survey) made by Paul Spector. The results obtained will be tested with
Pearson Product Moment Correlation test using SPSS. Correlation test results
showed no relationship between job satisfaction and external market oriented
behavior on the teacher at school X (r = -0098; p-value = 0.220; p-value <0.05).
Thus, the level of job satisfaction of teachers in the X scholl will have no effect on the
behavior of the external market oriented. | en_US |
dc.description.abstract | Guru merupakan sebuah profesi yang secara tidak langsung menjadi garis terdepan
dari sebuah institusi sekolah. Di masa perekonomian yang penuh dengan persaingan
seperti sekarang baik buruknya sebuah institusi sekolah seringkali tidak hanya dinilai
dari kemampuan para guru dari sekolah tersebut dalam hal mengajar, tetapi kualitas
pelayanannya terhadap konsumen dari sekolah tersebut. Perilaku melayani konsumen
itu disebut dengan perilaku berorientasi pasar eksternal. Banyak faktor yang
mempengaruhi perilaku berorientasi pasar eksternal itu sendiri. Tetapi yang paling
banyak diteliti oleh para peneliti didunia industri perekonomian adalah hubungan
antara kepuasan kerja dengan perilaku berorientasi pasar eksternal. Hingga penelitian
ini ditulis, peneliti belum menemukan adanya penelitian yang secara spesifik
meneliti hubungan kepuasan kerja seorang guru yang dilihat dari kepuasan
individunya terhadap perilaku berorientasi pasar eksternalnya. Dari sinilah peneliti
beranggapan bahwa hal tersebut penting untuk diteliti untuk menemukan apakah ada
hubungan antara kepuasan kerja dengan perilaku berorientasi pasar eksternal guru di
sekolah X. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif, dengan desain korelasional.
Populasi dari penelitian adalah seluruh anggota dari populasi yaitu berjumlah 65
orang guru. Pengukuran menggunakan dua skala yaitu skala orientasi pasar eksternal
yang dibuat oleh Francine K. Schlosser Rod B. McNaughton yang dikembangkan
dari dimensi orientasi pasar “MARKOR Scale” milik Jaworski dan Kohli dan skala
kepuasan kerja JSS (Job Satisfaction Survey) yang dibuat oleh Paul Spector. Hasil
yang didapatkan akan uji korelasi Pearson Product Moment dengan menggunakan
bantuan program SPSS. Hasil uji korelasi menunjukkan tidak adanya hubungan
antara kepuasan kerja dengan perilaku berorientasi pasar eksternal pada guru di
sekolah X (r= -0.098; p-value = 0.220; p-value <0.05). Dengan demikian, tinggi
rendahnya kepuasan kerja guru di sekolah X tidak akan memberikan efek terhadap
perilaku berorientasi pasar eksternal. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
dc.subject | Teacher | en_US |
dc.subject | Job Statisfaction | en_US |
dc.subject | External Market Orientation | en_US |
dc.subject | MARKOR Scale | en_US |
dc.subject | JSS | en_US |
dc.subject | Guru | en_US |
dc.subject | Kepuasan Kerja | en_US |
dc.subject | Orientasi Pasar Eksternal | en_US |
dc.title | HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN PERILAKU BERORIENTASI PASAR EKSTERNAL PADA GURU DI SEKOLAH X | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nidn | 0612017301 | |
dc.identifier.kodeprodi | 73201 | |
dc.identifier.nim | 30112010 | |
dc.identifier.dosenpembimbing | JIMMY ELLYA KURNIAWAN | |