ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI APLIKASI GO-JEK SEBAGAI PENYEDIA JASA TRANSPORTASI DI SURABAYA
Abstract
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSIAPLIKASI GO-JEK SEBAGAI PENYEDIA JASATRANSPORTASI DI SURABAYA
Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yangsemakin pesat, permintaan masyarakat akan kebutuhan jasa transportasi semakintinggi. Kemajuan internet dan canggihnya telepon genggam zaman sekarang punmenjanjikan kenyamanan dan efisiensi yang memanjakan masyarakat. Darifenomena tersebut lahirlahmobile applicationyang berfungsi sebagai portallayanan penyedia jasa transportasi yaitu Go-Jek.Go-Jek melebarkan sayapnya kekota Surabaya pada bulan Juni 2015 dan tidak membutuhkan waktu yang lama bagiGo-Jek untuk menjadi salah satu aplikasi yang sangat ramai digunakan di kotaSurabaya. Penelitian ini akan menggunakan teoriTechnology Acceptance Model(TAM) dengan populasi dan sampel pengguna aplikasi Go-Jek di kota Surabaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yangmempengaruhi dan faktor-faktor yang mempengaruhi secara signifikan adopsiaplikasi Go-Jek sebagai penyedia jasa transportasi di Surabaya. Data dikumpulkanmenggunakan teknik pengumpulan dataPurposive (Judgmental) Samplingdanmenggunakan metode online dan offline.Data yang didapat melalui metode onlineadalah 57 responden dan offline adalah 150 responden. Data diproses menggunakanaplikasi SPSS dan AMOS. Hasil dari penelitian mengatakan bahwa faktor-faktoryang berpengaruh terhadap adopsi aplikasi Go-Jek sebagai penyedia jasa transportasi di Surabaya adalahNumber of User, Perceived Complimentary,Perceived Usefulness,danPerceived Ease of UsenamunfaktorNumber of Useradalah faktor yang paling berpengaruh secara signifikan dengan nilai total sebesar0,608. Saran untuk manajemen Go-Jek adalah untuk lebih menekankan ke kegiatanmarketing dan promosi.