DESKRIPSI GAYA HIDUP MAHASISWA DAN KETERLIBATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BLACKBERRY DI UNIVERSITAS X
Abstract
Dewasa ini perkembangan teknologi semakin cepat dan maju, hal ini
ditandai dengan munculnya banyak sekali tipe smartphone di Indoensia. Tipe
smartphone yang marak dijumpai dan digunakan kaum muda adalah salah satunya
Blackberry. Hal ini sangat mencerminkan meningkatnya keputusan membeli
masyarakat terhadap smartphone khususnya Blackberry. Keterlibatan keputusan
membeli itu sendiri memiliki definisi antara lain sejauh mana seseorang
berpartisipasi dalam kegiatan mempertimbangkan suatu produk untuk dibeli.
Saat ini peminat dari smartphone Blackberry yang paling banyak dijumpai
adalah kaum muda khususnya mahasiswa universitas X. Gaya hidup itu sendiri
merupakan cara individu untuk menggunakan waktu, tenaga dan uang mereka.
Dengan mengetahui gaya hidup dan keterlibatan keputusan membeli
mahasiswa Universitas X, seorang pemasar yang memiliki produk smartphone
dapat memikirkan cara yang tepat dalam melakukan promosi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif.
Variabel dalam penelitian ini adalah gaya hidup yang diukur menggunakan VALS
2, sedangkan keterlibatan keputusan membeli menggunakan pengukuran
keterlibatan keputusan pembelian. Teknik pengambilan sample dengan
mengunakan quota sampling dan purposif sampling. Hasil penelitian ini
mengatakan bahwa paling banyak jumlah mahasiswa pria daripada wanita, dengan
kota asal Surabaya, usia 19 tahun, jurusan terbanyak berasal dari IBM, memiliki
penghasilan dengan kisaran Rp.1.000.000 – Rp.2.999.999, gaya hidup paling
banyak adalah Believers, Experiencers dan Survivors, sedangkan tipe keterlibatan
keputusan pembelian paling banyak adalah tipe kesepelean.