Show simple item record

dc.contributor.authorOeij, Brigitta Monique Wijaya
dc.date.accessioned2022-10-12T04:04:34Z
dc.date.available2022-10-12T04:04:34Z
dc.date.issued2013-11-06
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5403
dc.descriptionFashion world is very subjective and full of judgment that is done by the environment. Change in the world of fashion have made an impact whether it is positive or negative, especially among the young people. The positive impact is that the individual can always looks stylish with every clothes they wore. While the negative impact is phenomenon that intimidates how someone dresses , that is called a fashion bullying. Some research shows that bad impact on the individual is that they’ll feel that they have a low self esteem , worthless, and even made them have a feeling to commit a suicide. Where fashion people is supposed to have a high self esteem. Past studies shows that blogging can increase one self esteem (Boniel – Nissim dan Barak, 2011), But studies that the researchers done, shows that not all fashion blogger,who is a fashion people that blogs, gain positive benefits regarding their self esteem. Therefore researcher is interested to knows whether there or there isn’t any difference about self esteem levels among the fashion people in Indonesia based on blogs ownership categories. While the dependent variable is the self esteem. The self esteem scale that is used in this research is RosenBerg Self Esteem Scale (RSE) that is consisted of 10 items by using the purposive sampling technique. Total subject that is used in this research are 112 fashion people. And its divided into two group, 42 people that own blogs and 70 people that didn’t own any blogs. Then, the data that is collected will be analyzed with the t-test with the help of the SPSS program. Research Results shows that there is a difference levels of self esteem between fashion people that owns blogs and the others that didn’t owns any blogs (t = -4,851; p-value < 0,05). There’s a significant difference means that blogs ownerships affect the self esteem levels of the fashion people where the individuals that owns blogs have a self esteem higher than the fashion people that didn’t owns any blogs,en_US
dc.description.abstractDunia fashion sangat subjektif, penuh dengan penilaian yang dilakukan oleh lingkungan sekitar. Perubahan di dunia mode memiliki dampak positif maupun negatif, terutama pada kalangan muda. Dampak positifnya adalah individu dapat selalu terlihat modis dengan pakaian yang dikenakan. Sedangkan dampak negatifnya adalah memunculkan fenomena tentang intimidasi cara berpakaian, yang disebut dengan fashion bullying. Beberapa penelitian menunjukkan korban fashion bullying akan merasa rendah diri, tidak berharga, hingga memiliki keinginan bunuh diri. Kondisi tersebut mencerminkan bahwa individu tersebut memiliki self esteem yang rendah, padahal fashion people memerlukan self esteem yang tinggi. Studi terdahulu menunjukkan bahwa menulis blog dapat meningkatkan self esteem (Boniel-Nissim dan Barak, 2011), tetapi juga ada yang menunjukkan bahwa tidak semua fashion blogger, yaitu fashion people yang menulis blog, mendapatkan manfaat positif terkait self esteem mereka. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan tingkat self esteem pada fashion people di Indonesia berdasarkan kepemilikan blog. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah fashion people dengan kategori memiliki blog dan tidak memiliki blog, sedangkan variabel tergantungnya adalah self esteem. Alat ukur yang digunakan adalah Rosenberg Self Esteem Scale (RSE) yang terdiri dari 10 item dengan memakai teknik purposive sampling. Total subjek yang digunakan berjumlah 112 fashion people yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu 42 orang yang memiliki blog dan 70 orang tidak memiliki blog. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji beda t-test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat self esteem antara fashion people yang memiliki blog dan yang tidak memiliki blog (t = -4,851; pvalue < 0,05). Adanya perbedaan yang signifikan berarti kepemilikan blog mempengaruhi tingkat self esteem pada fashion people di mana individu yang mempunyai blog dibuktikan memiliki self esteem yang lebih tinggi dibandingkan individu yang tidak mempunyai blog.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS CIPUTRA SURABAYAen_US
dc.subjectSelf Esteemen_US
dc.subjectFashion Peopleen_US
dc.subjectFashion Bloggeren_US
dc.subjectBlogen_US
dc.titlePERBEDAAN TINGKAT SELF ESTEEM PADA FASHION PEOPLE DI SURABAYA DAN JAKARTA DITINJAU DARI KEPEMILIKAN BLOGen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi73201
dc.identifier.nim30110032
dc.identifier.dosenpembimbingIMAN SETYABUDI


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record