• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    P ERBEDAAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ANTARA PENGGUNA KARTU KREDIT DENGAN NON - PENGGUNA KARTU KREDIT PADA MAHASISWA S TRATA 1 (S1) UNIVERSITAS X SURABAYA

    Thumbnail
    View/Open
    COVER (1.743Mb)
    ABSTRAK (1.727Mb)
    ABSTRACT (1.870Mb)
    DAFTAR ISI (1.657Mb)
    HALAMAN MOTTO (1.763Mb)
    UCAPAN TERIMA KASIH (1.654Mb)
    KATA PENGANTAR (1.771Mb)
    BAB 1 (1.847Mb)
    BAB 2 (1.879Mb)
    BAB 3 (1.826Mb)
    BAB 4 (1.944Mb)
    BAB 5 (1.801Mb)
    BAB 6 (1.805Mb)
    METODE PENELITIAN (1.825Mb)
    DAFTAR RUJUKAN (1.815Mb)
    DAFTAR TABEL (1.729Mb)
    LAMPIRAN - ANALISIS DATA (1.820Mb)
    LAMPIRAN - ANALISIS ITEM VALIDITAS & RELIABILITAS (1.788Mb)
    LAMPIRAN - KUESIONER & SKALA ALAT UKUR PERILAKU PEMBELIAN IM (1.839Mb)
    LAMPIRAN - TABULASI ANALISIS ITEM (1.862Mb)
    LAMPIRAN - TABULASI DATA PENELITIAN (2.029Mb)
    PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (1.653Mb)
    PERSETUJUAN DOSEN PEMBIMBING (1.781Mb)
    PERSETUJUAN TIM PENGUJI SKRIPSI (1.649Mb)
    Date
    2014-05-22
    Author
    Isnandia, Dyasri Citra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Seseorang yang lebih memilih menggunakan kartu kredit salah satunya dipengaruhi oleh faktor sifat impulsif yang timbul saat hendak melakukan pembelian. Pembelian impulsif seringkali dihubungkan sebagai perilaku belanja yang tidak memiliki perencanaan. Saat seseorang melakukan pembelian secara impulsif, tentu akan menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti keuangan menjadi tidak terkontrol. Mahasiswa dipilih sebagai subjek penelitian karena mahasiswa pada umumnya mudah mengalami burnout. Saat burnout seseorang akan melakukan coping yang biasanya melibatkan hal-hal bersifat menyenangkan, di mana bisa menjadi indikasi timbulnya perilaku pembelian impulsif. Dari hal tersebut peneliti ingin melihat perbedaan perilaku pembelian impulsif antara pengguna kartu kredit dengan non-pengguna kartu kredit pada mahasiswa strata 1. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Perilaku Pembelian Impulsif milik Verplanken & Herabadi (2001) yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa strata 1 (S1) Universitas X Surabaya, sedangkan sampelnya adalah 103 mahasiswa Universitas X Surabaya, terdiri dari 33 mahasiswa/i yang menggunakan kartu kredit dan 70 mahasiswa/i yang tidak menggunakan kartu kredit. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis nol (H0) diterima, artinya tidak ada perbedaan perilaku pembelian impulsif antara pengguna kartu kredit dengan non-pengguna kartu kredit. Perilaku pembelian impulsif mahasiswa Universitas X cenderung sama. Saran untuk peneliti selanjutnya bisa mencoba melakukan penelitian menggunakan variabel subjek lain, seperti antara konsumen bisnis online dengan bisnis offline. Rancangan penelitian ini didukung oleh sebuah jurnal penelitian yang dilakukan Semuel (2006) yang menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh stimulus antara media online dengan media offline terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5423
    Collections
    • Psikologi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire